Sebagian dari kita mungkin sudah akrab dengan istilah Java Programming bukan? Nah, sebelum kita mengetahui lebih lanjut soal Java Programming, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu bahasa pemrograman. Istilah ini penting kita pahami karena Java merupakan salah satu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai developer maupun programmer tentu sudah paham dengan hal ini. Bahkan, Java menjadi santapan wajib untuk membangun aplikasi atau software.

Apa Itu Bahasa Pemrograman Java?

Ternyata, jumlah bahasa pemrograman ini sangat banyak. Tentu saja developer atau programmer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam membangun atau mengembangkan software.

Menurut Tiobe, salah satu lembaga riset yang telah beberapa tahun berupaya membuat peringkat bahasa pemrograman populer dunia yang diwujudkan dalam bentuk TIOBE Programming Community Index edisi bulan Desember 2014, Java masih menjadi bahasa pemrograman terpopuler.

Kemudian PYPL Popularity of Programming Language juga merilis 11 bahasa pemrograman yang banyak dipakai sampai pada bulan November 2014 dan menunjukan Java berada di posisi pertama.

Bahasa Pemrograman Java terlahir untuk pertama kalinya dari sebuah proyek asuhan SUN MICROSYSTEM yang dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy beserta dengan sembilan rekan mereka dari SUN MICROSYSTEM.

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sudah ada sejak era 1990-an, kini semakin berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

Java pun akrab dengan dunia sains dan akademik. Cukup banyak akademisi di Indonesia yang menggunakan Java sebagai alat bantu untuk menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dengan berbagai topik yang didominasi kecerdasan buatan, data miningenterprise architecture, aplikasi mobile, dan lainnya. Di dunia web development sendiri, Java memiliki berbagai web framework unggulan seperti Spring, Play Framework, Spark, Jakarta Struts, dan Java Server Pages.

Baca juga : Banyak Kelebihan, Java Jadi Bahasa Pemrograman yang Pasti Menguntungkan

Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa sih harus mempelajari pemrograman java bagi kita-kita yang masih awam. Beberapa penjelasan tentang Java dari situs java.lyracc.com di bawah ini mungkin bisa memberi pencerahan kepada kita semua.

Bahasa pemrograman lain yang telah ada sebelum Java lahir sudah merupakan bahasa yang baik dan mudah dipelajari oleh programmer profesional. Akan tetapi, para programmer ini menginginkan sesuatu yang baru yang memiliki banyak hal yang menyelesaikan masalah mereka. Utamanya adalah keamanan kode mereka. Hal ini melahirkan pikiran yang revolusioner untuk menemukan bahasa pemrograman lain yang disebut Java. Tidak hanya keamanan tapi juga beberapa hal yang sering disebut sebagai Java-Buzzwords. Kata-kata ini menjelaskan berbagai fitur tambahan dan beberapa hal yang membuat Java demikian sukses dan diterima oleh dunia perangkat lunak.

Baca juga : Terungkap, Rahasia Sukses Belajar Java

Seperti diuraikan sebelumnya, Java lahir dari suatu pemikiran mendalam akan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu, seperti C dan C++. Hal ini akan memudahkan programmer profesional untuk dapat mengerti lebih jelas tentang Java, fungsionalitas, dan lain sebagainya apabila ia memiliki pengetahuan dasar tentang C++ dan konsep pemrograman berorientasi objek. Tujuannya agar konsep dasar dari teknologi Java dapat dimengerti dengan mudah, dan programmer dapat segera menghasilkan sesuatu sedini mungkin. Tidak hanya ini, penemu Java memastikan bahwa Java juga bermula dari bahasa pemrograman dasar yang sudah ada pada saat itu. Kemudian mereka membuang berbagai fitur yang rumit dan membingungkan.

Bahasa pemrograman Java didesain sejak awal untuk menjadi bahasa yang berorientasi objek. Setelah kira-kira 30 tahun, akhirnya teknologi objek menjadi kenyataan dan diterima oleh sebagian besar komunitas pemrograman. Konsep berorientasi objek memungkinkan pembuatan software yang kompleks, berbasis network, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi Java menghasilkan platform pembuatan perangkat lunak yang baik dan efisien serta berorientasi objek.

Beberapa Fitur Penting dalam bahasa Java, diantaranya adalah :

  • Bahasa Sederhana
  • Explicit pointer manipulation
  • Implicit type casting
  • Structures atau union
  • Operator overloading
  • Templates
  • Header files
  • Multiple inheritance

Penulisan program Java dapat dilakukan pada semua teks editor yang paling disukai baik itu editor handal semacam eclipse dan netbeans ataupun editor simpel seperti editplus, dan crimson. Dalam pembuatan program java yang harus diperhatikan dalah penulisan huruf besar dan kecil karena java memiliki sifat Case Sensitive.

Wah, jadi menarik bukan pembahasan soal pemrograman Java? Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai Java Programming ? Hemera Academy siap membekali Anda melalui pelatihan yang dimiliki. Untuk itu, jangan takut untuk menghubungi kami di …..

Sumber : http://kharisman95.blogspot.com/2015/09/artikel-tentang-bahasa-pemrograman-java.html

Baca Juga : 10 Tips Dasar untuk Menjadi Android Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu