Banyak Kelebihan, Java Jadi Bahasa Pemrograman yang Pasti Menguntungkan

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling populer, tentu sangat ketinggalan bila Anda belum mempelajari Java hingga saat ini. Dengan berbagai keuntungan yang diberikan, penggunaan bahasa pemrograman Java dapat membuat kinerja Anda dalam dunia programming menjadi lebih efektif dan efisien, karena sistemnya yang memiliki banyak kemudahan dan kelebihan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pertama kali dirilis oleh Sun Microsystem pada tahun 1995 yang kemudian diakusisi oleh Oracle Corporation, Java menjadi Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi yang paling mendekati bahasa manusia, sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami oleh siapa saja dan di mana saja. Dengan mengenal bahasa pemrograman Java secara lebih mendalam ini, Java akan memberikan dukungan untuk kemajuan bisnis Anda melalui bahasa pemrograman yang memiliki berbagai keunggulan, seperti:

Mampu Beroperasi di Berbagai OS

Tidak hanya terpaku pada satu OS, Program Java yang sudah dapat dijalankan dengan baik akan dapat beroperasi di berbagai OS, mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS. Anda hanya memerlukan Java Runtime Environment untuk menjalankan Program Java di berbagai OS tersebut. Sehingga, ini juga akan memudahkan para pengguna untuk mengoperasikan program buatan Anda di OS mana saja. Menarik, bukan?

Java API (Application Programming Interface)

Terdapat berbagai macam paket dan jenis class yang terus dikembangkan oleh para programmer Java dan bisa Anda dapatkan dari dalam Java API (Application Program Interface). Dengan begitu, kemampuan Java mengubah kode secara open source juga akan dapat berdokumentasi dengan baik tanpa memerlukan waktu dan tenaga yang lebih. Didukung dengan fitur Javadoc, Java juga dapat menggabungkan komentar dalam source code dokumentasi berekstensi .html dengan lebih mudah dan cepat, lho!

Object Oriented Programming

Salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh Java, adalah konsep OOP. Bagi Anda yang belum tahu, OOP atau Object Oriented Programming adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi pada objek. Hal ini akan mempermudah pekerjaan seorang programmer dalam melakukan pengembangan program, karena konsep ini telah menggabungkan beberapa komponen kecil yang sudah ada di dalamnya untuk dikaitkan dan disusun menjadi suatu class atau program.

Robust Programming Language yang Portable

Java merupakan bahasa pemrograman berjenis Robust Programming Language yang menjadikannya lebih portable dan bisa digunakan di berbagai sistem operasi manapun, dengan dukungan fitur manajemen memori otomatis yang cukup handal seperti garbage collector. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menangani kesalahan pada coding, karena terdapat fitur pengecekan kesalahan seperti exeption handling, yang akan mendeteksi kesalahan coding baik pada error checking ataupun error run time.

Multi-thread

Terakhir, keunggulan satu ini tentu akan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan yang bisnis Anda inginkan. Bahasa pemrograman Java memiliki kemampuan multi-thread yang memudahkan pengoperasian sistem menjadi lebih praktis. Kemampuan ini akan mendukung program untuk tetap berjalan dalam waktu yang bersamaan meski terdapat banyak respon yang harus dilakukan. Tak hanya itu, Java juga akan mampu beroperasi dengan dukungan dari berbagai platform. Hal ini akan membuat Java bisa dikembangkan melalui Desktop, Web, ataupun Mobile.

Penggunaan Java yang sudah banyak digunakan di berbagai media, termasuk dalam pengoptimalan dan pengembangan Internet of Things (IoT), menjadikan bahasa pemrograman ini sangat berguna dan dibutuhkan di masa ini maupun di masa yang akan datang.

Tertarik mempelajarinya? Anda bisa mengikuti kelas Java Fundamental yang akan dilaksanakan oleh Biztech Academy pada 13 sampai 15 Desember 2021 mendatang! Dalam durasi tiga hari, Anda akan mempelajari pengetahuan dasar tentang Java, manfaat dan metode Java, hingga penggunaan dan pengembangan Java dalam program yang ingin Anda ciptakan. Jadi, apa lagi yang Anda ragukan? Yuk, daftarkan diri Anda sekarang dan pelajari Java Fundamental untuk hasil coding yang lebih optimal!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu