Di era kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) saat ini, peranan digitalent tentu tidak bisa dikesampingakan. Software developer merupakan salah satu pekerjaan yang memainkan peranan penting. Apa sih Software Developer itu? Apa saja pekerjannya? Sebelum membahas lebih lanjut simak dulu karier profil Software Developer yang sudah Hemera rangkum dari berbagai sumber.

Profil Karier Software Developer Hemera AcademyApa Itu Software Developer?

Software developer merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap proses software development, bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak. Hal ini termasuk kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta keamanan. Tak hanya itu, mereka juga mendiagnosis masalah-masalah program dan memastikan kualitas program yang mereka buat telah memenuhi syarat.

Seorang software developer juga terlibat di dalam semua proses yang berhubungan dengan pembuatan dan rancangan sistem yang baru. Mereka akan membuat rencana, mendirikan parameter, membuat design, coding, encrypting, serta testing. Tentunya proses ini tidak dikerjakan sendiri melainkan bersama tim lainnya.

Software developer seringkali menggunakan bahasa pemrograman yang beragam. Pekerjaan mereka pun memang sangat kompleks dan membutuhkan kemampuan lebih dalam dunia komputer, science, bahkan matematika. Pekerjaan seorang developer akan terus berevolusi seiring berkembangan teknologi yang juga berubah-ubah dengan cepat. Sehingga, seorang developer pun harus sering belajar untuk kemajuan dirinya sendiri.

Apa yang Dilakukan Seorang Software Developer?

Selain bertanggung jawab dalam menciptakan sebuah produk, tugas apa saja yang harus dikerjakan software developer?

  • memodifikasi software untuk memperbaiki kerusakan, mengadaptasi hardware baru, dan untuk mengembangkan kinerjanya
  • mengembangkan dan mengarahkan pengujian sistem software dan prosedur validasi, pemrograman, dan dokumentasi
  • berkolaborasi dengan system analyst, programmer, dan pekerja lainnya untuk mendesain sistem dan aplikasi
  • menganalisis kebutuhan pengguna dan kebutuhan software untuk menentukan kelayakan desain
  • merancang, mengembangkan, dan memodifikasi sistem software dengan menggunakan analisis ilmiah dan model matematika
  • maintenance sistem yang sudah ada dengan melakukan pengawasan serta memperbaiki kesalahan
  • bertemu klien dan project manager untuk merancang dan menciptakan sistem baru
  • merancang, menulis, membaca, testing, dan memperbaiki kode untuk software baru
  • mendokumentasikan update terbaru setiap software
Baca juga:ย Kisah Seorang Techgirl yang Transisi dari Karier Non-Tech Menjadi Software Developer

Mengapa Menjadi Seorang Software Developer?

Nah, sekarang kamu udah tahu ap aitu Software Developer, pertanyaannya, kenapa kamu harus mempertimbangkan karier sebagai seorang Software Developer? Ini dia alasannya.

1. Inovasi Keren

Bekerja di perusahaan teknologi itu selalu menyenangkan, kenapa? Karena pekerjaan mereka adalah melahirkan solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sering kita temui sehari-hari. Contoh yang kita semua familiar adalah GoJek. GoJek awalnya hanya memberikan solusi untuk menyelesaikan persoalan transportasi di Indonesia. Namun tidak hanya sampai disitu saja, GoJek mampu menganalisa bahwa ojek justru bisa dimanfaatkan lebih dari sekedar jasa transportasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai jasa delivery seperti apa yang dilakukan GoFood saat ini. Nah, as a Software Developer dibelakangnya tentu sangat senang karena karya mereka membantu banyak orang.

2. Be a Superhero

Bekerja sebagai Software Developer sama dengan menjadi superhero, karena kita bekerja untuk menyelesaikan masalah orang banyak. Bedanya yah kita tidak punya kekuatan super aja seperti laser dari mata dan sebagainya ????.

3. Kolaborasi

Dalam membangun sebuah aplikasi digital yang berkualitas, dibutuhkan kolaborasi tim yang sangat baik. Kita harus memastikan apa yang kita bangun hari ini bisa diwariskan kepada orang lain agar produk tersebut dapat dikembangkan terus menerus dalam jangka yang panjang.

4. Bekerja bersama orang-orang hebat

Dalam satu tim, kita biasanya memiliki keahlian yang berbeda-beda dan sama-sama sulit. Di Perusahaan yang timnya sudah besar, biasanya terdiri dari Frontend Engineer, Backend Engineer, Quality Assurance, Mobile Developer (Android dan iOS), UI/UX Designer, Security Engineer, DevOps, Product Manager, Project Manager, dll. Mereka semua bekerja dengan peran yang berbeda-beda sehingga sangat banyak hal menarik yang bisa jadi bahan sharing bersama mereka.

5. Fasilitas yang menarik

Di Jakarta sendiri, perusahaan-perusahaan IT bersaing memberi benefit kepada para Software Engineer. Mulai dari Laptop Macbook Pro, free lunch and ☕️, interior keren, jam kerja flexible dan jenjang karir yang jelas.

6. Salary

Yang ini tidak usah disangkal lagi, saat ini pekerjaan di bidang IT memang sangat menjanjikan dari sisi benefit. Coba lihat lowongan kerja dan cari sendiri data-datanya, kamu pasti akan tercengang. Data yang Hemera gunakan pada job profile sendiri iitu merupakan rata-rata bagi pekerja baru. Dapat kamu bayangkan jika kamu sudah naik karier bukan?

Nah itulah mungkin beberapa alasan buat kamu untuk bekerja sebagai Software Engineer, tentu saja da banyak keuntungan lainnya. Mudah-mudahan kedepannya makin banyak yang bisa menjadi Superhero ya!

Apakah kamu memiliki minat yang mendalam di dunia teknologi? Ingin menciptakan sebuah karya yang mumpuni serta dibanggakan? Software developer bisa jadi salah satu alternatif pilihan profesi yang baik untuk kamu.

Sumber:
glints dan gifa.efriyanto medium

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu