Di tengah wabah virus corona yang menjadi musuh bersama dunia saat ini, banyak orang yang ingin mencari informasi dan berita tentang virus corona di internet. Namun, tidak sedikit orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, seperti menyebarkan informasi hoax yang dapat menakut-nakuti masyarakat. Maka dari itu, World Health Organization (WHO) berencana menyebarkan lebih banyak informasi seputar COVID-19 lewat aplikasi resminya. Peran dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) saat ini sangat penting sebagai sumber validasi dalam memberikan informasi tentang virus corona.

Aplikasi ini diluncurkan dengan nama WHO MyHealth untuk platform Android, iOS, dan web app. Aplikasi resmi dari WHO ini nantinya akan berisi berita, tips, notifikasi, mitos tidak benar seputar virus corona, dan informasi lainnya.

Apa saja fiturnya?

Aplikasi WHO MyHealth ini akan menawarkan notifikasi peringatan khusus kepada para penggunanya berdasarkan lokasi. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan fitur “triase mandiri” yang dapat membantu penggunanya untuk mendiagnosis apakah gejala yang dialaminya cocok dengan tanda-tanda infeksi Covid-19 atau tidak.

Pihak WHO pun juga tidak ingin hanya sekadar memberikan informasi, tetapi juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perjalanan virus tersebut dan bagaimana penyebarannya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu masyarakat supaya tidak panik dan lebih aware dalam menjaga kesehatannya.

Pada skala yang lebih besar, tim pengembang aplikasi ini berencana menawarkan WHO MyHealth untuk mengetahui riwayat perjalanan kasus Covid-19 melalui Android atau iPhone sebagai langkah untuk lebih memahami penyebaran virus. Namun, rencana itu masih dikaji lebih jauh mengingat hal itu terkait dengan privasi seseorang.

Pentingnya Edukasi terhadap Masyarakat

Selain itu, aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Google Maps yang bisa mengetahui wilayah yang mungkin sudah melakukan kontak fisik dengan pasien Covid-19. Sehingga kita bisa lebih berjaga-jaga saat terpaksa harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Dengan peluncuran aplikasi dari WHO, setidaknya kita akan semakin teredukasi dengan sumber yang valid. Sehingga kita tidak mudah lagi tertipu dengan berita-berita hoax yang sering dilemparkan di group WhatsApp.

WHO diketahui juga sudah memberikan informasi rinci mengenai wabah Covid-19 melalui situs resminya dan chatbot WhatsApp. Diluncurkannya aplikasi ini tidak hanya akan membantu dalam mengatasi kesalahan informasi tentang virus Corona, tetapi juga membantu dalam memerangi wabah supaya masyarakat tetap aman.

Stay safe!

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/

 

Baca juga: Apple Luncurkan Situs dan Aplikasi Screening Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu