Hi Fams, sudahkah Anda mendengar kabar bahwa Whatsapp tak lagi bisa digunakan per tanggal 1 Februari 2020? Well, jangan panik dulu. pemberhentian dukungan layanan ini hanya akan terjadi kepada beberapa sistem operasi. Apa saja sistem operasinya? Yuk, simak artikel berikut dan pastikan OS yang dihentikan bukan merupakan OS handphonemu, karena Android, iOS, dan Windows phone terdampak pada pemberhentian ini, sebagai mana yang terlihat pada Frequently Asked Questions (FAQ) tentang sistem operasi di WhatsApp.

  1. Android
    Sistem operasi Android yang akan terkena pemberhentian dukungan adalah Android dengan versi 2.3.7. Walaupun sistem operasi Android merupakan basis pengguna WhatsApp terbesar, namun hal tersebut tetap dilakukan. Android 2.3.7 keluaran 2010 merupakan versi “Gingerbread” yang penggunanya sekarang sudah sangat sedikit. Dikutip dari KompasTekno, data terbaru dari Google menunjukkan, dari keseluruhan populasi Android, hanya 0,3 persen yang masih menggunakan Android 2.3.7.

Baca juga

 

  1. iOS
    iOS yang akan diberhentikan pembaruan oleh WhatsApp adalah iOS 8 dan yang lebih lama. Sistem operasi milik iPhone tersebut akan dihentikan dukungannya berbarengan dengan Android 2.3.7 Sama seperti Android versi Gingerbread, di ekosistem Apple juga sudah sangat sedikit pengguna yang menggunakan iOS 8 keluaran tahun 2019 tersebut. Untuk iPhone, model terakhir yang mentok di iOS 8 atau tidak bisa diperbarui ke iOS versi berikutnya adalah iPhone 4 yang rilis pada 2010. Pengguna ponsel tua tersebut tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai 1 Februari 2019.

Baca juga

  1. Windows Phone atau Windows 10 Mobile
    Dukungan WhatsApp akan dihentikan untuk semua ponsel berbasis Windows Phone. Penghentian layanan tersebut untuk Windows Phone semua versi, termasuk Windows 10 Mobile yang akan berlaku mulai 31 Desember 2019. Sistem operasi tersebut sebenarnya sudah ditinggalkan oleh Microsoft selaku pengembang sejak akhir 2017. Micosoft pun telah meminta basis pengguna Windows Phone yang masih loyal agar beralih ke Android atau iOS.

Baca juga:

Selain daftar di atas, WhatsApp ternyata sudah menghentikan dukungan untuk sejumlah sistem operasi, yaitu Android 2.3.3, iOS 6, dan BlackBerry OS. WhatsApp juga menambahkan KaiOS 2.5.1+ kedalam sistem operasi yang didukungnya. KaiOS adalah sistem operasi berbasis arsitektur ARM, dan menjadi penerus Firefox OS yang telah dipensiunkan oleh Mozilla.Apabila dukungan WhatsApp terhadap sebuah sistem operasi telah dihentikan, mungkin aplikasi WhatsApp tak akan mogok begitu saja. Namun, pihak WhatsApp mengingatkan, fungsi dan fitur-fiturnya bisa berhenti bekerja sewaktu-waktu.

Sumber: tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu