Sejak era revolusi industri 4.0, prediksi bahwa Artificial Inteligence (AI)ย alias robot akan menggantikan pekerjaan manusia memang sudah santer beredar. Jumlahnya bahkan hingga mencapai 20.000.000 pekerjaan di tahun 2030 berdasarkan bbc.com. Wacana mencengangkan ini nyatanya sudah sampai ke Indonesia lho fams. Bahkan, akan menggantikan orang-orang dipemerintahan. WoW! Mau tahu seperti apa? Yuk baca terus artikel ini.

Di acara Indonesian Mining Association (IMA) Award 2019, tanggal 28 November kemarin, Presiden Joko Widodo memastikan pemangkasan birokrasi melalui pengurangan eselon. Beliau mengatakan jika pemerintah dapat menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI). Hambatan birokrasi dinilai akan menjadi lebih cepat dan mudah diatasi dengan hal ini.

Pemangkasan ini akan menjadikan aparatur sipil negara menduduki jabatang fungsional, bekerja sesuai keahlian, sehingga tidak hanya berada dalam struktur birokrasi di kementerian atau lembaga pemerintahan. Penggantian dengan Artificial Inteligence (AI) ini, wacananya, akan dikenakan pada eselon level III dan IV, sehingga level birokrasi tinggal eselon I dan II. Ini semua, guna menyederhanakan perizinan dan menjadikannya satu pintu.

Wacana pemangkasan eselon di pemerintahan ini memang sudah diucapkan sebelumnya, kali pertama yakni dalam pidato pelatikan periode 2019-2024, 20 Oktober lalu. Namun demikian, realisasi ini akan bergantung keberhasilan pemerintah dalam merombak regulasi melalui mekanisme Omnibus Law*, yang bergantung dengan DPR.

Jika perubahan berjalan lancar, pemangkasan ini akan diterapkan pada tahun 2020. Dan, sadar kah kamu jika 2020 tinggal menghitung hari? Sudah siap dalam menghadapi perubahan ini?

Hemera sudah menyiapkan artikel loh untuk kamu terkait kompetensi yang banyak dicari di tahun 2020. Tunggu update artikel kami ya!

Oh ya, terkait rekonstruksi dan penggunaan AI, tidak hanya akan terjadi di pemerintahan. Industri lain akan dan sudah lebih dulu berubah. Unutuk kamu, IT Talent, skill dan keahlian AI akan menjadi peluang emas. Kamu bisa banget belajar Artificial Inteligence (AI). Ngga punya background dan skill IT teknis sama sekali sebelumnya? Jangan takut! Sila kontak dan hubungi Hera untuk membantumu.

Have a nice day fams!

*Omnibus Law adalah sepaket hukum dalam kebijakan pemerintahan Jokowi demi mengistimewakan investasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu