Siapa sih yang ngga pingin kerja di perusahaan bona fide dengan gaji yang bona fide pula? Bisa jadi kamu salah satunya. Semua berlomba-lomba menuliskan pengalaman dan skillnya di CV, dan Microsoft Office seringkali masuk di dalam list. Eh tapi, itu karena selama ini kamu sering pakai Microsoft Office atau kamu memang mampu menggunakannya? Bahkan untuk kebutuhan perusahaan yang lebih kompleks?

Ternyata Microsoft mengeluarkan Microsoft Office Cerfication lho. Mau tau apa dan gimana cara mendapatkannya? Keep reading ya fams.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office

Menjadi seseorang yang credible melalu sertifikasi penting untuk menunjukkan kepada calon perusahaan atau pun atasan bahwa Kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di tempat kerja, dan keterampilan Microsoft Office adalah salah satu keterampilan komputer dan perangkat lunak dasar yang diharapkan dimiliki.

Perusahaan akan mencari tanda-tanda bahwa kamu dan sesama ยญjob hunters fasih dalam menggunakan perangkat lunak produktivitas Microsoft. Di abad ke 21 ini, rasanya hampir tidak ada pekerjaan yang tidak melibatkan penggunaan signifikan dari Microsoft ini. Program Sertifikasi Microsoft Office memungkinkan pengusaha memverifikasi keterampilan Microsoft Office seseorang.

Terlebih lagi, perusahaan menginginkan anggota tim yang tentunya paling unggul dalam keahlian perangkat lunak produktivitas. Mereka yang memiliki Microsoft Office Certification pada resume mereka, biasanya dapat secara efektif melatih anggota lain, serta meningkatkan efisiensi keseluruhan di kantor.

Dari manajemen email hingga pemrosesan kata dan entri data, Microsoft Office Suite sering menjadi tumpuan utama dalam pekerjaan sehari-hari. Mereka yang tidak tahu cara menggunakan program-program ini dengan benar akan kesulitan. Lebih lagi, kurangnya pemahaman dalam menggunakan program MS sering menyebabkan pekerjaan harus diulang.

Manfaat Utama Mendapatkan Sertifikasi Microsoft Office

Meskipun Hemera telah menyebutkan beberapa alasan mendapatkan sertifikasi Microsoft adalah ide yang bagus, berikut adalah daftar lengkap manfaatnya.

  1. Sertifikasi Microsoft Office dapat diverifikasi. Tidak ada yang akan meragukan keahlianmu.
  2. Tidak semua orang disertifikasi. Ini akan membedakan Kamu dari kandidat dan atau anggota staff lainnya.
  3. Mereka yang mendapatkan sertifikasi sering mendapatkan kenaikan gaji. Atasanmu tahu bahwa sertifikasi membuat resume lebih kuat, dan mereka mungkin akan melakukan usaha agar kamu bergabung dan bertahan.
  4. Mereka yang mendapatkan sertifikasi dapat melakukan lebih banyak hal dengan waktu yang lebih sedikit. Jika atasanmu tidak memberi kenaikan gaji setelah kamu mendapatkan sertifikasi, mereka mungkin sekali melakukannya setelah melihat peningkatan nilai yang kamu bawa ke perusahaan.
  5. Microsoft Office Suite dapat melakukan lebih dari yang dibayangkan kebanyakan orang. Manajer sering kali mengeluarkan uang untuk perangkat lunak baru. Padahal, produk tersebut hanya melakukan apa yang sudah dilakukan dengan baik oleh program Microsoft. Jika kamu memiliki sertifikasi, kamu dapat menunjukkan kepada manajer cara menghemat uang pada perangkat lunak baru dengan mengajari orang lain cara menggunakan Microsof Office dengan cara baru.

Bagaimana Cara Kerja Program Sertifikasi Microsoft Office?

Ada tiga level yang dapat dicapai yakni: Specialist (spesialis), Expert (ahli), dan Master. Setiap tingkat melibatkan persiapan dan ujian. Setelah lulus semua ujian yang dibutuhkan, Anda akan menjadi tersertifikasi.

Untuk harganya, setiap tingkat memerlukanbiaya sebesar $160, sementara mater-materi dan semua sumber daya persiapan dapat kamu peroleh dengan gratis.

  • Microsoft Office Specialist (MOS)
    Ini adalah program sertifikasi pertama, dan tidak ada prasyarat yang diperlukan. Kamu hanya harus menguasai dasar-dasar Word, Excel, PowerPoint, Access, dan Outlook. Program Spesialis ini mengharuskan kamu lulus 5 ujian (satu untuk setiap program) sebelum memiliki sertifikatnya.
  • Microsoft Office Specialist Expert (MOS Expert)
    Sertifikasi MOS Expert mengeksplorasi fitur-fitur yang lebih canggih dalam Office dan Excel. Hanya ada satu ujian untuk mendapatkan sertifikat MOS Expert.
  • Microsoft Office Specialist Master (MOS Master)
    Dalam program sertifikasi Master, kamu memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang Word, Excel, dan PowerPoint. Ada empat ujian untuk modul ini. Ini adalah tingkat sertifikasi tertinggi yang ditawarkan Microsoft Office.
  • Microsoft Technology Associate (MTA)
    Bagi mereka yang menginginkan validasi tambahan dari pihak ketiga, Microsoft bermitra dengan CertiPort untuk pengujian dan sertifikasi tambahan. Ketika banyak pengusaha merasa puas dengan sertifikasi Microsoft MOS, banyak yang merekomendasikan mengambil langkah ekstra untuk menyelesaikan ujian MTA di akhir setiap program.
  • How to Use Microsoft Office Certification Programs on a Team
    Jika kamu seorang manajer atau seseorang yang sering mendelegasikan tugas-tugas penting, mungkin diperlukan untuk meminta bawahan Anda lulus ujian MOS. Melakukan hal ini dapat menenangkan Anda bahwa setiap orang dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

Keep Your Skills Current

Hemera Academy menyediakan pelatihan terkait Microsoft Office, baik untuk individual maupun untuk perusahaan. Jika kamu membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kami ya. Kami juga bisa mengatur agar kamu mendapatkan Sertifikat Microsoft Office.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu