Kamu Fresh Graduate yang ingin meniti karier? Atau kamu pekerja yang ingin mengembangkan karier? Personal Branding menjadi strategi yang tepat untuk membangun pesona dan menunjukkan keahlian kamu untuk karier yang lebih cemerlang!

Apakah Personal Branding itu? Personal Branding merupakan teknik memperkenalkan atau mempromosikan diri ke masyarakat secara luas, melalui aktivitas atau kepribadian yang bisa ditunjukkan agar tercipta kesan atau reputasi yang baik. Di masa digitalisasi seperti sekarang ini, Personal Branding tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, tetapi juga bisa melalui sosial media yang bisa dilihat oleh siapa saja dan dari mana saja.

Untuk itu, sangat penting bagi kamu yang sedang menata karier supaya membangun Personal Branding yang tepat, karena selain mempengaruhi pandangan perusahaan terhadap kamu, Personal Branding juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya yang berdampak pada profesi kamu. Ibu Veni Ferawati selaku Direktur dari Proxsis IT akan membagikan 3 keuntungan berikut ini yang bisa kamu dapatkan jika berhasil membangun Personal Branding:

  1. Kamu akan terlihat lebih unggul dari yang lain

Terlihat dari portfolio yang kamu tampilkan di sosial media, secara langsung kamu telah โ€˜membuka pintuโ€™ bagi siapa saja untuk melihat keahlian kamu, termasuk perusahaan atau bisnis yang prospektif membutuhkan skill kamu. Terlebih jika dalam sosial media tersebut kamu dapat menampilkan hasil karya atau prestasi menakjubkan yang telah kamu dapatkan, maka hal ini tentu menjadi kebanggaan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

  1. Dipercayai karena kamu punya kredibilitas yang tinggi.

Jika kamu hanya menampilkan keahlianmu dalam bentuk kata-kata yang tidak terdapat bukti nyata, maka perusahaan atau siapapun yang melihat pasti akan meragukannya. Dengan Personal Branding yang kamu maksimalkan melalui portfolio yang ditampilkan, perusahaan atau masyarakat besar tidak akan lagi meragukanmu karena keahlianmu sudah tebukti nyata sesuai dengan hasil karya yang kamu tunjukkan.

  1. Membantu kamu mengimprovisasi diri kamu sendiri.

Dengan menjadi tokoh yang ingin menginspirasi banyak orang, kamu tentu akan termotivasi untuk selalu mengimprovisasi diri kamu agar Personal Branding yang tercipta baik bisa selalu dipertahankan dan dikembangkan. Secara tidak langsung kamu juga akan menyadari bahwa kini bukan saatnya lagi untuk kamu berkompetisi dengan orang lain, tapi kamu harus berkompetisi dengan diri kamu sendiri untuk terus bergerak maju dan menjadi lebih baik!

 

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Personal Branding tersebut, sekarang saatnya untuk kamu mengetahui strategi yang tepat untuk membangun Personal Branding yang akurat. Personal Branding tidak boleh sembarang dibangun, karena jika kamu salah langkah dan menciptakan dampak buruk di mata masyarakat, maka reputasi kamu pun akan terancam dan kredibilitas kamu diragukan.

Sebelum membangun Personal Branding, alangkah baiknya kamu memperhatikan hal berikut ini:

Tingkatkan Koneksi

Pastikan kamu sudah memiliki banyak koneksi yang berhubungan atau pun tidak berhubungan dengan profesimu. Semakin banyak koneksi, maka semakin banyak relasi juga yang bisa kamu bangun bersama orang-orang yang mungkin memberikan pengaruh bagi karier kamu. Percuma saja jika kamu sudah menampilkan keahlian dan kepribadianmu, namun hanya sedikit orang yang melihat atau mengetahui hal tersebut. Penggunaan sosial media dan unggahan konten yang sesuai dengan gambaran kepribadian kamu dapat menjadi jalan terbaik untuk menciptakan banyak koneksi.

Kumpulkan Portfolio

Jangan hanya berpaku pada satu hasil karya saja, tetapi tunjukkan segala bentuk butki kerja, sertifikasi, atau pengalaman yang pernah kamu lakukan melalui platform yang bisa dilihat oleh banyak orang. Kamu tidak akan pernah tahu, mungkin saja hasil karya yang tidak kamu kira penting, ternyata sangat berguna bagi perusahaan yang sedang mencari-cari atau membutuhkan kemampuan kamu. Sertakan juga waktu, tempat, atau keterangan lainnya sebagai bukti pendukung bahwa pekerjaan yang kamu lakukan adalah murni terbukti nyata.

Bangun Sikap Percaya Diri

Hal terakhir yang sering dilupakan adalah pengenalan terhadap diri sendiri yang sebetulnya sangat dibutuhkan. Tanpa kamu mengenali diri kamu sendiri terlebih dahulu, maka bisa jadi impian atau kepribadian yang kamu bangun ternyata tidak sesuai dengan kemampuan yang benar-benar kamu miliki. Maka sangat penting untuk kamu membangun sikap percaya diri yang optimis melalui pengenalan terhadap diri sendiri, menghargai diri sendiri, dan mencintai diri kamu sendiri.

 

Bila Personal Branding berhasil dilakukan dengan baik, maka berbagai perusahaan atau prospek bisnis yang ada di dunia juga akan melihat kamu sebagai sosok yang menarik. Jadi, sudahkah kamu membangun Personal Branding kamu hari ini? Yuk, mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu