10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1. HAPPY NEW YEAR!!!!

Tidak terasa tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir and welcome to 2020. Apa kabar dengan semua resolusi dan target yang sudah ditetapkan di awal tahun kemarin? Apakah semuanya sudah tercapai? Jika masih ada yang belum tercapai, jangan khawatir, ya. Kita memiliki tips agar keinginan kamu dapat tercapai di tahun 2020 mendatang.

Resolusi vs Tujuan

Sebelumnya, ketahuilah perbedaan mendasar antara resolusi dengan tujuan.Siapa pun dapat mengatakan, “Saya ingin menjadi orang yang lebih baik di tahun baru” atau “Saya ingin menurunkan berat badan sehingga saya dapat merasa lebih percaya diri.” Namun, resolusi klasik ini rasanya sulit untuk diaplikasikan jika tidak disertai dengan penjelasan yang lebih spesifik.

Pertimbangkan perbedaan antara kedua pernyataan ini:

Resolusi Tahun Baru: “Saya akan menurunkan berat badan di tahun baru.”

Tujuan Tahun Baru: โ€œSaya akan menurunkan 5 kg berat badan dengan berolahraga tiga kali dalam seminggu dan juga akan mengurangi asupan makanan saya menjadi 1.500 kalori per hari.”

Tujuan berbeda dari resolusi karena lebih spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terbatas waktu (S.M.A.R.T.). Secara statistik, kamu jauh lebih mungkin kehilangan 5 kg dengan tujuan daripada menurunkan berat badan dengan resolusi. Kamu masih dapat membuat resolusi tahun baru, tetapi jika kamu ingin resolusi dengan kekuatan tetap, kamu perlu memecahnya dengan metode S.M.A.R.T.

Gunakan S.M.A.R.T Goals

Resolusi tahun baru yang ambisius namun tidak jelas, bisa menjadi alasan utama mengapa resolusi kamu sudah alamat gagal. Misalnya, resolusi kamu berbunyi: โ€œTahun ini, saya tidak mau menunda-nunda pekerjaan saya lagiโ€, atau โ€œSaya ingin berat badan yang ideal di tahun iniโ€. Sayangnya resolusi yang seperti inilah yang justru lebih sulit dipatuhi, karena cakupannya terlalu luas dan tidak dapat diukur. Sulit mengetahui apa yang telah kamu capai atau apa yang telah kamu jalankan.

S.M.A.R.T Goals adalah sarana menetapkan pencapaian dan evaluasi keberhasilan dalam lima langkah. Gunakan SMART Goals untuk mencapai resolusi tahun baru kamu, dengan cara berikut:

  1. Specificโ€“ Persempit resolusimu menjadi lebih spesifik

Buatlah target yang spesifik ke tujuanmu. Berisi tentang apa yang paling ingin kamu capai dan memberikan tantangan kepadamu. Resolusimu jangan terlalu luas, tapi buatlah menjadi lebih spesifik.

  • Resolusi 2020 : Saya Ingin Punya Mobilย  (Tidak Spesifik)
  • Resolusi 2020 : Pengen Liburan di Luar Negeri ( Tidak Spesifik)
  • Resolusi 2020 : Saya Ingin Membeli Mobil Jazz RS MT (Spesifik)
  • Resolusi 2020 : Saya Ingin Umroh dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik)
  1. Measurableโ€“ Kamu dapat mengukur keberhasilan resolusimu

Resolusi yang kamu buat akan lebih baik jika dapat diukur, alias kamu bisa memperkirakan berapa besar effort / danaย  yang kamu butuhkan untuk merealisasikannya. Janganlah memuat target yang kamu sendiri tidak dapat mengukurnya dengan kemampuanmu.

  • Resolusi 2020 : Saya Ingin Umroh plus Turki dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik tapi tidak Measurable)
  • Resolusi 2020 : Saya Ingin Umroh plus Turki Tripleย senilai 30 jtย dengan Ayah dan Ibu ( Spesifik dan Measurable)
  1. Achievableโ€“ Target berada dalam jangkauanmu, realistis dengan kemampuanmu

Resolusi yang kamu buat menunjukan siapa/dengan siapa kamu akan mencapainya serta apakah dapat diraih. Resolusi yang terlalu mudah membuatmu menjadi tidak tertantang. tetapi juga jangan memmbuat terlalu sulit sehingga membuatmu pesimis. Misalnya jika kamu seorang sales ingin mendapatkan 500 klien baru di 2020, maka kamu harus bekerja sama dengan orang yang menurutmu bisa membantumu mendapatkan 500 klien tersebut.

Dengan membuat target yang spesific dan measurable, kamu pasti bisa mengukur kemampuanmu apakah target itu achievable atau tidak. Misal jika kamu seorang pedagang baju dengan omzet perbulan 10 juta, maka untuk memberangkatkan umroh kedua orang tua adalah target yang achievable. Sebaliknya, jika kamu membuat target membeli mobil Lamborghini seharga Rp 5 M, maka itu tidak achievable.

  1. Realisticโ€“ Masalah yang kamu hadapi dapat dipecahkan dengan target yang kamu pilih

Masih erat kaitannya dengan nomor 3, target yang realistis biasanya adalah target yang achievable. Memang segalanya adalah kuasa Tuhan Yang Maha Esa, namun upaya kita sendirilah yang sedikit banyak menentukan apa yang kita dapatkan. Maka, buatlahย  target-target yang realistis untuk dicapai.

  1. Time-boundโ€“ Ingat tenggat waktu targetmu dan berapa lama harus dipertahankan

Tips SMART terakhir adalah harus ada waktu yang kamu tentukan sendiri kapan mencapainya. Kamu harus tegas dalam menentukan waktu untuk mencapainya. Jangan terlalu longgar atau terlalu mepet, kamu punya waktu setahun untuk merealisasikannya.

  • Resolusi 2020 : Ikut Sidang akhir di kampus ( tidak time-related, kamu bisa buat lebih spesifik kapan waktunya)
  • Resolusi 2020 : Meminang si Doi tanggal 14 Februari 2020 ( Time Related, Top banget!!)

Nah itu dia tips SMART dalam menentukan resolusi di tahun 2020. Kamu bisa berlatih menulis targetmu di kolom komen ya, dan kita amiin kan sama-sama semoga rencana baik kita di tahun depan dapat tercapai dan dimudahkan jalannya.

Sumber: moneycrashers

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu