Berbicara mengenai manajemen proyek, hal ini tentunya tidak terlepas dari adanya perkembangan yang cukup pesat dalam dunia industri dan teknologi informasi. Perkembangan yang cukup pesat ini menyebabkan Anda yang berkarier sebagai Project Manager harus mampu mengelola sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi serta mampu bersaing di pasar.

Kemampuan Anda untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan adanya keterbatasan terhadap waktu, biaya dan ruang lingkup pekerjaan harus didukung oleh pemahaman mengenai manajemen proyek yang baik. Lalu apa sebenarnya definisi dari manajemen proyek itu sendiri?

Apa itu Manajemen Proyek?

Manajemen proyek adalah suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusus yang berbentuk proyek. Hal ini merupakan usaha agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efisien dan efektif.

Efektif dalam hal ini adalah di mana hasil penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu, dan lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan pemilihan sub-kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, dan lain-lainnya.

Manajemen proyek merupakan hal terpenting bagi organisasi dalam menjalankan sebuah proyek. Hal ini kita analogikan dengan sebuah permainan. Kita tahu bahwa sebuah permainan dapat berlangsung tanpa strategi. Namun, hal tersebut berpotensi menimbulkan disharmoni dalam permainan. Tanpa strategi yang matang, permainan berlangsung tanpa konsep, arah, dan tujuan yang jelas, sehingga berimbas pada kegagalan dalam mencapai tujuan akhir: kemenangan. Seperti itulah halnya suatu organisasi tanpa manajemen proyek yang baik. Tujuan dari organisasi tersebut tidak akan tercapai. Maka dari itu, diperlukan manajemen proyek yang baik dan Anda yang berkarier sebagai Project Manager harus mampu menerapkannya di dalam organisasi Anda.

Tujuan Manajemen Proyek di Perusahaan

Pada umumnya, manajemen proyek bertujuan agar kegiatan yang dilakukan bisa mencapai tujuan tertentu yang telah ditargetkan oleh perusahaan. Dalam mengerjakan proyek dibutuhkan berbagai hal mulai dari sumber daya manusia, modal dan lain sebagainya. Selain itu, manajemen proyek juga berkaitan dengan lima variabel yaitu ruang lingkup, biaya, waktu, kualitas dan risiko. Nah, keberadaan manajemen proyek ini bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai target yang diinginkan dengan mengoptimalkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Mengapaย Project Managementย Begitu Penting Bagi Perusahaan?

Tidak ada keraguan bahwa perusahaan saat ini menghadapi persaingan yang lebih agresif daripada di masa lalu dan lingkungan bisnis yang Anda jalani saat ini sangatlah bergejolak. Dalam lingkungan proyek,ย Project Managementย sangatlah berguna. Berikut adalah dua manfaatnya. Pertama, dapat mendukung pencapaian proyek dan tujuan organisasi, yang kedua adalah dapat memberikan jaminan yang lebih besar kepada stakeholder bahwa sumber daya akan dikelola secara efektif.

Tanpa manajemen proyek yang efektif, tim Anda mungkin akanย mengerjakan sebuah proyekย yang tidak memiliki arah yang jelas. Akan tetapi, ketika anggota tim Anda memahami fokus dan tujuan, proyek akan berlangsung tanpa kebingungan atau kekacauan. Setengah dari pertempuran sudah Anda menangkan jika Anda memulai sebuah proyek dengan cara yang benar.

Jadi, dapat dipahami bahwa tanpa manajemen proyek, tim Anda dan klien Anda akan rentan pada manajemen yang kacau, tujuan yang tidak jelas, kurangnya sumber daya, perencanaan yang tidak realistis, risiko tinggi, kualitas hasil kerja yang buruk, proyek yang melebihi anggaran dan pengiriman yang terlambat.

Manajemen proyek yang hebat merupakan hal yang penting karena dapat memberikanย keberhasilanย jalannya proyek. Manajemen proyek menciptakan dan memungkinkan tim Anda dapat bekerja dengan bahagia dan termotivasi karena mereka mengetahui apa tujuan pekerjaan mereka, sehingga mereka melakukan apa yang terbaik yang dapat mereka lakukan. Terlebih lagi, dengan manajemen proyek, tim Anda akan dapat mencapai hasil proyek yang diinginkan; pencapaian hasil proyek yang sesuai dengan harapan akan menghasilkan pengembalian investasi nyata, dan akan membuat klien Anda bahagia.

Jika Anda adalah seorang Project Manager dan ingin mendapatkan ilmu serta arahan yang lebih detail tentang Manajemen Proyek, Anda dapat mengikuti Program Project Manager bersama Hemera Academy. Anda akan banyak mendapatkan manfaat dan karier Anda sebagai Project Manager akan semakin bersinar.

Untuk info lebih lanjut, hubungi kontak yang ada di website kami.

Sumber: Yalantis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu