Kenapa Java? Sejarah dan Cara Kerjanya

3 Menit Membaca

Kenapa Java? Sejarah dan Cara Kerjanya

 

Tahukah kamu, seperti makhluk hidup komputer ternyata juga butuh bahasa untuk dioperasikan, untuk menjalankan perintah. Bahasa itu dikenal dengan bahasa pemrograman yang terus berkembang terutama sejak era digital hadir.

Salah satu bahasa pemrograman yang populer yaitu Java, salah satu bahasa pemrograman yang powerful, karena sifatnya yang multiplatform dan memiliki library yang lengkap. Konon, Java memiliki keterkaitan dengan Indonesia, mau tahu lebih lengkap tentang Java? Yuk simak

ย Sejarah Java

Java lahir dari sebuah projek The Green Project milik Sun Microsystems pada 1991 yang dikembangkan oleh James Gosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan. Proyek ini dibentuk untuk menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih andal dari C dan C++.

The Green Project menghabiskan 18 bulan waktu itu untuk melahirkan sebuah bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak, terinspirasi dari pohon oak yang tumbuh di halaman rumahnya. Namun pada saat dirilis pada 1995 nama itu diganti karena telah dimiliki oleh perusahaan lain yaitu Oak Technology.

Sun Microsystem kemudian memutuskan nama baru yaitu Java yang rumornya terinspirasi dari java coffee atau kopi jawa. Hal ini juga terlihat dari logo Java yang bergambar secangkir kopi.

Cara Kerja Java

Sejak dirilis pada tahun 1995 Java telah memiliki 17 versi termasuk versi beta. Java versi 1.0 dirilis pada tahun 1996, dan terbaru Java versi 15 yang baru dirilis pada September 2020.

Salah satu inovasi yang membuat Java banyak dipilih sebagai bahasa pemrograman favorit karena konsep Write Once, Run Anywhere (WORA).ย  Sehingga setiap kode program yang ditulis menggunakan Java bisa langsung dioperasikan pada platform berbeda-beda tanpa harus menyusun ulang kode tersebut. Berikut cara kerja bahasa pemrograman Java

  • Tulis Kode

Langkah pertama yaitu menulis kode program Java di Java Development Kit (JDK) atau aplikasi pemrograman lainnya. Kode tersebut kemudian disimpan dalam file โ€˜program.javaโ€™

  • Kompilasi Bahasa

File โ€˜program.javaโ€™ yang telah disimpan tadi kemudian dikompilasi atau di-compile menggunakanย  Javac Compiler untuk dijadikan dalam format โ€˜program.classโ€™

Kompilasi atau compile merupakan proses membaca dan menggabungkan suatu kode sumber (source code) untuk diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman.

  • Menjalankan Program

Format โ€˜program.classโ€™ pada Java merupakan file yang berisikan bytecode yang akan menjadi bahasa bagi Java Virtual Machine (JVM) untuk menjalankan program.

Secara umum cara kerja Java itu menerjemahkan bahasa pemrograman untuk menjadi kode yang bisa dijalankan oleh komputer.

Kelebihan Java

Kelebihan Java

Berbagai fitur dan kemudahan membuat Java masih menjadi pilihan banyak programer untuk mengembangkan program. Selain gratis berikut kelebihan Java dari bahasa pemrograman yang lain

  1. Bahasa Universal

Javaย  dikenal sebagai bahasa yang general-purpose, sehingga bisa dipakai untuk membuat berbagai program, seperti aplikasi desktop, web, hingga aplikasi android.

  1. Multi Platform

Java juga bisa digunakan cross-platform artinya bisa berjalan di atas platform yang berbeda beda, seperti di windows, linux,dan MacOS.

ย Hal ini yang membuat programer yang menggunakan Java dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

  1. Mudah Dipelajari

Salah satu inovasi yang dikembangkan Java yaitu menciptakan bahasa dengan struktur relatif mudah dipelajari.ย  Dasar dari Java adalah bahasa pemrograman C++ dengan konsep “dari dan menjadi”.

Java Fundamental

 

Hal ini membuat Java menjadi bahasa pemrograman yang kuat dan sederhana untuk digunakan. Bagi yang sudah tahu dengan C++ maka akan lebih mudah untuk mempelajari Java.

  1. Keamanan

Java merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Karena sejak awal Java dibangun untuk perangkat mobile yang bertukar data lewat jaringan.

Hal ini terlihat dari keamanan berbagai aplikasi Java yang aman dari serangan virus atau pun kebocoran data.

  1. Banyak User

Sebagai bahasa pemrograman yang populer, Java telah memiliki banyak user, hal ini akan memudahkan para programmer dalam mengembangkan software atau aplikasi yang sedang dibangun

Kekurangan Java

Kekurangan Java

Setiap program tentu tidak ada yang sempurna, sepertinya halnya bahasa pemrograman Java yang terus dikembangkan untuk mengatasi kekurangan-kurangan sejauh ini.

  1. Memori Tinggi

Salah satu kekurangan Java yaitu kapasitas memori yang dibutuhkan tergolong tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai teknologi dan fitur yang dijalankan. Kebutuhan memori yang cukup besar ini juga terjadi pada saat pengembangan software ataupun aplikasi.

Sehingga, perangkat yang digunakan harus memiliki spesifikasi memori yang besar untuk mendukung pengoperasian Java.

  1. Rawan Ditiru

Konsep compile Java dari kode menjadi bytecode dinilai cukup rawan dekompilasi yaitu pengambilan source code. Hal ini membuat pemrograman Java rawan untuk di-copy atau pun dicuri oleh hacker.

Seiring dengan perkembangan era digital dan teknologi penggunaan bahasa pemrograman akan terus menjadi tren. Sehingga bahasa pemrograman akan menjadi kebutuhan untuk membuat inovasi program-program baru. Nah, apakah kamu semakin tertarik untuk menguasai Java lebih lanjut?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu