Tahukah Anda?

Pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017 kemarin, ada tren teknologi baru yang dikenal dengan nama cryptocurrencies. Tren ini membuat harga GPU (graphics processing unit)  melambung tinggi dengan memborong semua stok GPU di toko komputer sebagai komponen utama untuk dijadikan “mesin penambang” cryptocurrencies. Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, atau Litecoin digadang-gadang akan menjadi alat tukar masa depan dengan sistem desentralisasi yang menggunakan teknologi block chain.

Jika Anda bingung dengan kalimat terakhir di paragraf sebelum ini, jangan sedih! Anda bukan satu-satunya orang yang tidak mengerti istilah “sistem desentralisasi” apalagi “block chain”. Sebelum kita semua pusing berjamaah, mari kita bahas lebih lanjut tentang block chain yang melatarbelakangi cryptocurrency tersebut.

Apa itu Block chain?

Block chain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi block chain kini telah dimanfaatkan oleh berbagai sektor, salah satunya untuk transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin.

Sistem block chain dapat dikatakan menyerupai catatan transaksi digital yang terdiri dari banyak server. Berkat teknologi ini, transaksi menjadi jauh lebih mudah karena Anda tidak lagi memerlukan keberadaan perantara.

Catatan transaksi-transaksi ini dimuat dalam blok-blok yang saling tersambung. Jika satu blok sudah penuh, maka akan diciptakan blok berikutnya yang terkoneksi dengan blok sebelumnya. Catatan transaksi yang dimuat di blok yang sudah diciptakan, tidak akan bisa dirubah lagi sehingga block chain sering disebut mempunyai sifat immutable.

Block chain pertama kali diimplementasikan pada tahun 2009, dan direvolusi dengan Blockchain 2.0 pada tahun 2014. Teknologi Blockchain terdiri dari blok yang menampung transaksi, di mana masing-masing blok saling terkait melalui kriptografi, sehingga membentuk jaringan.

Manfaat Block chain

Seiring dengan perkembangan jagat digital, cryptocurreny di masa depan telah menjadi proposisi yang semakin menarik di pasar dan mungkin tidak memiliki infrastruktur perbankan tradisional. Beberapa negara berkembang di dunia bahkan telah menerapkan mata uang nasional berbasis Blockchain, seperti Bitcoin, dan teknologinya juga digunakan oleh beberapa proyek amal besar untuk membantu mereka yang tidak memiliki rekening bank.

Blockchain memiliki potensi untuk menggantikan proses pembayaran tradisional dimana ada pihak ketiga yang mendapatkan keuntungan fee dari transaksi yang kita jalankan. Dalam blockchain, tidak ada pihak ketiga yang ikut campur dalam masalah transaksi yang dilakukan, sehingga biaya untuk transaksi hampir tidak ada.

Baca Juga: EVOLUSI PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Ada segudang manfaat penerapan teknologi blockchain dalam bisnis yang Anda jalankan, seperti kecepatan transaksi, penekanan biaya, transaksi lintas negara dan lain-lain. Namun, ternyata tujuan utama diciptakannya blockchain adalah untuk memberikan transparansi (kejujuran) dalam setiap bisnis agar tidak terjadi pemalsuan, maupun penggelapan dana (korupsi) seperti yang terjadi pada sistem konvensional sekarang ini.

Dengan semakin berkembangnya zaman dan banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari blockchain, dan jika Anda ingin sukses di bidang ini maka Anda harus mengikuti Training Blockchain dan mendapatkan sertifikasinya. Lalu, apa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki sertifikat Blockchain?

Manfaat sertifikasi Blockchain

  • Sertifikasi Blockchain dapat berdampak langsung pada karier Anda dengan melipatgandakan potensi penghasilan Anda. Menurut The Washington Post, jumlah orang yang memiliki sertifikasi blockchain telah meningkat secara signifikan.

Semoga, sekarang, Anda paham tentang pentingnya sertifikasi blockchain untuk masa depan yang lebih bersinar. Jika Anda tertarik untuk memasuki ruang blockchain, maka sertifikasi adalah cara untuk mendapatkan satu kaki ke pintu crypto. Untuk memfasilitasi perjalanan ini, Hemera Academy menyediakan Block chain Training bagi Anda yang berminat. Semua program pelatihan ini telah dibuat untuk menjadikan Anda ahli dalam bidang yang Anda pilih. Jangan ragu untuk berkolaborasi bersama kami.

Sumber: thehaguesecuritydelta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu