Pernah belanja online? Pasti kamu pernah menggunakan transaksi online seperti BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, ataupun e-Pay BRI. Sekitar sepuluh tahun yang lalu, ketika masyarakat masih membeli barang-barang secara manual, istilah payment gateway belum dikenal dan masih terdengar aneh. Namun seiring pesatnya pertumbuhan e-commerce atau toko online di Indonesia, peran penting payment gateway sebagai metode pembayaran tidak bisa diabaikan.

Apa itu Payment Gateway?

           Payment gateway merupakan sistem transaksi online yang mengotorisasi proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit dan e-wallet. Sistem enkripsi data nomor kartu kredit ataupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan. Pelanggan lebih menaruh kepercayaan mereka pada bisnis online yang menggunakan payment gateway, daripada hanya dengan transaksi manual. Karena mereka diyakinkan oleh keamanan dan kerahasiaan data pribadi yang dimasukkan ke situs web, dan juga pendeteksian pembayaran yang otomatis. Untuk itu payment gateway tetap berhasil mendatangkan pelanggan dalam kurun waktu yang stabil.

Baca juga :

//itlearningcenter.id/welcome-to-the-new-era-of-5g-the-next-generation-of-connectivity/

//itlearningcenter.id/disruptive-technology-mengikuti-atau-diikuiti/

Mekanisme Kerja Payment Gateway

Sebagai perantara website ecommerce dengan merchant bank yang aman dan canggih, payment gateway memiliki mekanisme kerja standar sebagai berikut.

  • Pelanggan toko onlinemelihat dan memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi yang disampaikan pada koneksi sumber payment gateway.
  • Payment gatewayakan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda.
  • Prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, misalnya Mastercard atau Visa
  • Tahap selanjutnya, bank terkait akan menerima permintaan ini dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus serta memberikan konfirmasi apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal.
  • Prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan itu ke payment gateway kemudian akan diteruskan ke website Anda serta pemegang kartu hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Hadirnya teknologi payment gateway dengan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli secara cepat telah mengubah model bisnis ke arah transaksi online. Mekanisme yang dijalankan yang serba otomatis memudahkan pihak yang bertransaksi dalam melakukan transaksi online. Dengan kemudahan yang ditawarkan tersebut, masyarakat yang berminat makin bertambah dan menjadikan payment gateway sebagai cara lazim dalam bertransaksi pada masa depan.

Keuntungan bagi Pembeli

  • Pelanggan langsung bisa transaksi tanpa perlu membuka websitepenjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi.
  • Mudah dan aman dalam berbelanja secara online.

Keuntungan bagi Penjual

  • Lebih cepat dan mudah memeriksa pembayaran dengan kartu kredit ataupun debit.
  • Payment gatewaymelindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pelanggan melakukan transaksi.
  • Toko onlinetidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online
  • Cepat dan aman untuk transaksi massal karena payment gatewaydapat memproses ratusan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.
  • User friendlykarena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual ataupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan, seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund(pengembalian dana) transaksi.
  • Aman bagi pengguna kartu kredit karena payment gatewaymemiliki teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online. Berbagai keuntungan di atas akan membuat transaksi online menjadi semakin dominan pada masa yang akan datang.

 

Source :

www.cermati.com

www.xendit.co

www.tirto.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu