Microsoft Visual Basic untuk Pemograman yang Lebih Mudah

microsoft visual basic

Apakah sebelumnya Anda pernah membaca atau mendengar tentang Visual Basic?

Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows berbasis grafis (GUI Grapichal User Interface) untuk melakukan dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Visual Basic menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemograman di dalam visual basic dapat dengan mudah dilakukan oleh orang yang baru belajar membuat program.

microsoft visual basic

Hal ini lebih mudah lagi penggunaannya setelah hadir Microsoft Visual Basic, yang dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.

microsoft visual basic

Baca juga :

Pengertian Mikrotik

Apa itu Microsoft Project?

Untuk mengenal lebih dekat dengan program Visual Basic yang ada pada Windows, mari kita mengenal beberapa kompenan yang terdapat di dalamnya :
  1. Control Menu, merupakan menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Bahasa Pemograman.
  2. Toolbar, merupakan sekumpulan tombol yang mewakili suatu perintah tertentu. Pada umumnya, tombol-tombol yang terdapat pada toolbar merupakan perintah-perintah yang sering digunakan.
  3. Form Windows, merupakan daerah kerja utama yang pada saat membuat suatu program aplikasi maka dengan otomatis akan langsung tersedia.
  4. Project Explorer, merupakan jendela yang digunakan untuk melihat sebuah informasi tentang tampilan form atau tampilan jendela kode.
  5. Properties Windows digunakan untuk melihat semua informasi objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Properties adalah sifat dari sebuah objek.
  6. Toolbox, merupakan komponen-komponen yang akan digunakan dalam perancangan program, yang terdiri dari Label, Text Box, Option Button, Image, Chek Box, ComboBox, Commond Buttom, List Box, Frame, Timer, dan Data.
  7. Code Windows, merupakan tempat menulis perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan yang dimana letaknya sama dengan form windows.

microsoft visual basic

Perlu Anda garis bawahi bahwa aplikasi Visual Basic sangat erat kaitannya dengan Microsoft Visual Studio yang merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi. Baik aplikasi bisnis, aplikasi personal, atau kompenen aplikasinya yang dalam bentuk aplikasi console, aplikasi windows, dan atau aplikasi web.

Aplikasi ini mencakup Kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi yang umumnya berupa MSDN Library.

Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain adalah sebagai berikut :

  • Visual C++
  • Visual C#
  • Visual Basic
  • Visual Basic.NET
  • Visual InterDev
  • Visual J++
  • Visual J#
  • Visual FoxPro
  • Visual SourceSafe

Microsoft Visual Studio ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows (Native Code) atau dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework (Managed Code).

Selain fungsi di atas, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Microsoft Visual Studio atau yang biasa disebut VB.Net ini merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh programmer dan menjadi salah satu bahasa pemograman yang wajib dipelajari oleh berbagai kalangan terutama jika mereka ingin sukses di dunia perkomputeran.

Selain sering digunakan untuk bahasa pemograman, Visual Studio juga sering digunakan sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan Windows.

visual studio

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Visual Studio, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat membuat objek-objek pembantu program seperti ActiveX Control, File Help, Aplikasi Inernet dan lain sebagainya
  • Dapat membuat program aplikasi berbasis Windows
  • Dapat menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable atau dapat langsung dijalankan.

microsoft visual studio

Hemera Academy siap membantu kamu yang mau belajar Microsoft Visual Basic, menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan Windows. Daftar sekarang, klikย disini untukย pendaftaranย 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu