Dalam penggunaan komputer, terdapat beragam jenis file dengan formatnya masing-masing yang memiliki kegunaan berbeda satu sama lainnya. Bahkan beda Operating System (OS), bisa beda-beda pula jenis file dan format yang dipakai. Pada OS Windows, jenis file dispesifikasikan pada huruf tambahan di belakang nama file, dan dipisahkan oleh sebuah tanda titik. Misal penulisan nama file nusantara.txt, yang berarti โ€œ.txtโ€ adalah huruf tambahan sebagai penjelas format file. Sementara pada sistem operasi yang lainnya, jenis format file ditentukan dengan cara yang berbeda lagi.

Oleh karena itu, ada sekian banyak jenis file disertai formatnya masing-masing yang beredar dan dapat digunakan. Untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan pemakaian, kita perlu memahami perbedaan setiap jenis dan formatnya, serta fungsinya masing-masing. Setidaknya untuk jenis-jenis yang umumnya dipakai di keseharian, yang terbagi menjadi 5 kelompok format.

1). Executable Formats

Ini adalah format file yang menjalankan program tertentu. Begitu file dengan format ini diklik atau dibuka, maka kita akan menemukan sebuah program bekerja, atau aplikasi terinstall , atau website terbuka. Ada banyak jenis file yang tergolong format executable, dan berikut ini ialah di antaranya yang biasa kita temui sehari-hari.

Pertama, .app, yaitu format file berupa aplikasi yang ada pada sistem operasi Mac. Format file ini berbentuk bundelan dalam sebuah folder yang berisikan filefile aplikasi. Jika file ini ditemukan di komputer dengan OS Windows, pengguna hanya akan melihatnya sebagai sebuah folder biasa.

Kedua, .bat, yaitu format file yang berupa script dan terdiri dari daftar commands untuk bisa dieksekusi dalam sebuah rangkaian program. Ketiga, .exe atau .com, yang digunakan untuk aplikasi pada OS Windows. Umumnya file .exe butuh bantuan file lain untuk menjalankan program, sementara file .com bisa bekerja sendiri.

Selanjutnya ada format dengan ekstensi .msi, yaitu untuk rangkaian file untuk menginstall ย program pada OS Windows, serta .scexe yang digunakan dalam program pembaharuan firmware.

2). Compression Formats

Kelompok format yang filenya dapat dicompress dan digabungkan menjadi sebuah file arsip, sehingga mudah untuk didistribusikan. Seperti format yang sebelumnya, ada banyak jenis format file compression yang dibedakan menurut fungsi dan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Pertama, format 7ZIP, yaitu format standar dalam penggunaan aplikasi compress 7-Zip archiver. Kedua, GZIP, yang sama seperti 7ZIP, tapi khusus untuk OS Linux. Ketiga, format RAR, yaitu format standar untuk program WinRAR file archive. Terakhir, format ZIP yang merupakan format paling popular untuk mengcompress pada OS Windows, yaitu dengan menggunakan aplikasi WinZip.

3). Format Audio dan Video

Berikutnya, format khusus untuk file audio seperti suara rekaman, musik, atau buku bersuara.ย  Serta file untuk video, entah itu film,videoย  clip, presentasi, TV Shows, dan lain-lain. Yang jelas, jenis format ini harus cukup familiar bagi para content creator yangย  menerapkan teknik berkomunikasi melalui audio visual.

Di antara jenis-jenis format file tersebut beserta kegunaannya adalah sebagai berikut.

Untuk ranah tipe audio, ada format AAC (Advanced Audio Coding) yang didesain untuk menggantikan MP3 karena memiliki kualitas suara yang lebih baik. Yang kedua, format FLAC (Free Lossless Audio Codec) yang juga sama dengan MP3 tapi berukuran lebih kecil.

Format audio yang ketiga adalah M4A, yang semula dikhususkan untuk file yang didownload dari iTunes. Sejatinya, M4A adalah file yang berbentuk seperti wadah, yang isinya dikoding sebagai AAC. Keempat, MP3, yang merupakan konsumsi sejuta umat di dunia. MP3 menjadi populer karena ukurannya kecil, dapat dicopy dengan mudah, dan hampir bisa dimainkan di seluruh pemutar audio.

Selanjutnya ada format WAV yang berukuran besar karena merupakan file mentah dari audio berkualitas CD tanpa dicompress. Sehingga, lebih dipakai sebagai file wadah untuk hasil rekaman di OS Windows. Format audio terakhir adalah MIDI (Musical Instrument Digital Interface), yaitu format mentahan berbentuk text yang digunakan untuk memproduksi suara. Umumnya digunakan musisi untuk memudahkan dalam aransemen lagu.

Di ranah video, ada format AVI (Audio Video Interleave) yang merupakan bawaan dari Microsoft untuk penggabungan audio dan visual. Kemudian, ada format FLV (Flash Video) yang merupakan file wadah yang didesain untuk mendistribusikan video online melalui Adobe Flash Player sebagai aplikasi.

Yang ketiga MPG atau MPEG(Moving Picture Experts Group)yang berisikan data video mentah bersamaan dengan data audio. Ini merupakan format yang sudah lama tapi masih banyak digunakan. Keempat, format MP4 yang menggunakan data video mentah MPEG-4 (Moving Picture Experts Group Layer 4) beserta dengan format AAC atau MP3 sebagau audionya. Dan terakhir, format WMV (Windows Media Video) yang digunakan untuk beberapa program khusus Microsoft untuk aplikasi editing video tertentu, seperti Windows Movie Maker.

4). Format Image

Format Image adalah format file yang berupa gambar diam seperti foto, ilustrasi, dan gambar lainnya. Dalam kebutuhan penggunaannya, format ini terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Pertama, BMP yang merupakan singkatan dari bitmap dan menjadi format tertua dalam komputerisasi. Kedua, GIF (Graphics File Intercharge) yang merupakan format file tanpa dicompress. Umumnya digunakan untuk kebutuhan halaman web karena dapat menampilkan beberapa gambar yang berbeda dalam satu file.

Selanjutnya adalah format yang sangat standar dalam bidang komunikasi visual berupa gambar, yaitu JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) yang merupakan format hasil compress sehingga berukuran relatif kecil dan juga biasa digunakan untuk kebutuhan website.

Namun, format untuk website yang paling populer adalah PNG (Portable Network Graphic) yang adalah perkembangan dari GIF dengan hasil yang lebih baik, yaitu mendukung 16,7 juta warna sementara GIF hanya 256 warna.

Kemudian ada format TIFF (Tagged Image File Format) yang berukuran sangat besar, kualitas tinggi dan minim compress. Ini merupakan format murni hasil jepretan kamera, dan biasanya digunakan untuk proses pencetakan gambar pada suatu wadah seperti spanduk atau baligho.

5). Format Dokumen

Kelompok format dokumen merupakan format file untuk program yang umum digunakan untuk pekerjaan kantoran dan administrasi. Kelompok format ini terbagi menjadi banyak jenis dan berikut ini adalah beberapa format file yang pupoler digunakan oleh para users.

Pertama, format TXT (text), sebagai format paling standar dan tanpa format khusus. Di OS Windows, format TXT dipakai untuk hasil kerja aplikasi Notepad. Pada OS lainnya, cara penggunaannya sama namun pada aplikasi khususnya masing-masing.

Kedua, format RTF (Rich Text Format) yang dapat digunakan di aplikasi Word pada semua OS. Isi formatnya mencakup seluruh dasar formatting teks seperti fonts, attributes, paragraph, margins, dan lain-lain. Jenis format RTF ini kemudian dibuat khusus menjadi DOC atau DOCX oleh Microsoft yang digunakan pada Microsoft Word, tapi juga bisa dibaca pada program Word di OS lainnya.

Selanjutnya ada format XLS/XLSX yang mendukung hasil kerja program Microsoft Excel, aplikasi untuk pendataan. Kemudian, ada format PPT/PPTX untuk file hasil program Microsoft PowerPoint yang dipakai untuk presentasi, termasuk presentasi bisnis.

Yang terakhir, format file PDF (Portable Document Format) sebagai format standar untuk Adobe Acrobat dan Adobe Reader. Format ini didesain khusus untuk distribusi dokumen agar tidak terjadi perubahan format ketika dibuka di komputer yang berbeda. Sumber file asli PDF ini bisa berasal dari beragam aplikasi termasuk dari Microsoft Office.

Demikian pemaparan jenis-jenis file dan formatnya yang paling umum digunakan untuk kebutuhan aktivitas kerja dengan komputer. Sudah sewajarnya untuk dipahami oleh setiap anggota organisasi /perusahaan yang bekerja dengan komputer, terutama di bidang administrasi dan media komunikasi. Tak terkecuali untuk kelancaran komunikasi bisnis.

Sumber: medium.com

 

Baca Juga :ย Manfaat Pengujian Perangkat Lunak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu