Salah satu terobosan industri teknologi informasi yang berkembang pesat karena manfaatnya yang besar adalah virtualisasi. Dengan teknologi virtualisasi, kita sebagai pengguna dapat mempersingkat waktu pengerjaan sesuatu, sehingga juga bisa menghemat biaya dan ruang.

Untuk dapat menerapkan virtualisasi, kita membutuhkan software khusus yang berperan sebagai mesin virtual. Salah satunya adalah VMWare, yang mana nama software ini berasal dari nama perusahaan pembuatnya, VMWare,Inc. Saat ini, platform komputasi VMWare masih dianggap yang terbaik di dunia.

Oleh karena itu, agar dapat mengoperasikan teknologi virtualisasi, VMWare merupakan rekomendasi yang sangat tepat untuk dipelajari, dengan berbagai alasan tertentu. Berikut adalah alasan yang tepat, mengapa kita harus mempelajari VMWare sebagai software untuk teknologi virtualisasi, yang dirangkum dari pernyataan seorang trainer dan professional di bidang virtualisasi dari CBT Nuggets, Keith Barker.

  1. Fakta bahwa segala sesuatu berubah
    Virtualisasi sebagai solusi penyimpanan menjadi terobosan yang sangat bijaksana karena dapat mengurangi penggunaan hardware dan lebih tangguh dalam menyimpan. Bahkan, dengan sistem automasinya, kinerja server penyimpanan ini dapat berjalan jauh lebih cepat. Hal tersebut merupakan suatu perubahan besar dalam proses kerja teknologi informasi, yang akan memengaruhi perubahan pada elemen-elemen lainnya. Oleh sebab itu, sebagai software virtualisasi, VMWare menjadi rekomendasi yang tepat agar dapat mengikuti perubahan yang cepat ini tersebut.
  1. Salah satu vendor virtualisasi terbesar di dunia
    Platform komputasi Virtualisasi VMWare saat ini diakui sebagai yang paling handal, dengan segala pembuktian,. Oleh karenanya, banyak orang yang belajar dan menggunakan VMWare. Menurut mereka, pemakaian VMWare adalah jalan yang tepat untuk bisa memenangkan persaingan di bidang teknologi informasi.
  1. Permintaan atas SDM dengan skill VMWare sangat tinggi
    Sebagai terobosan baru yang dielu-elukan banyak orang, teknologi virtualisasi menjadi kian menarik untuk dipelajari. Di masa depan, kebutuhannya akan terus tumbuh. Sejumlah perusahaan akan semakin membutuhkan kualifikasi sumber daya manusia yang menguasai virtualisasi. Tentu saja, memiliki skill pengoperasian VMWare menjadi salah satu nilai lebih dalam perekrutan karyawan. Bahkan, dengan memahami dan menguasai VMWare, perusahaan juga menilai individu tersebut sangat berpengalaman dalam urusan jaringan dan server, serta pengaplikasiannya dalam pengelolaan teknologi virtualisasi.
  2. Fitur snapshot yang sangat menguntungkan dalam eksperimen
    Salah satu fasilitas dalam software virtualisasi adalah fitur snapshot. Dengan vitur ini, pengguna virtual machine (mesin virtual) dapat merekam sistem kerja suatu program dengan seri tertentu agar dapat digunakan di program yang sama, namun serinya berbeda. Walaupun kemudian, program yang sistemnya direkam itu diuninstall. 

    VMWare memiliki fitur snapshot yang terbaik dibanding software virtualisasi lainnya. Pada VMWare, pekerja IT dapat mengoperasikan snapshot dengan cepat ketika ingin menggunakan suatu program dengan seri tertentu. Termasuk melakukan eksperimen dengan program softwareย  tertentu. Bahkan, mengembalikannya seperti semula pun mudah dan lebih cepat. Sehingga, tidak perlu khawatir akan dampak dari sebuah eksperimen program.

 

  1. Memiliki fitur Fault Tolerance sekaligus High Availability
    Sebagai sebuah terobosan teknologi informasi, VMWare menyertakan fitur High Availability (HA) sebagai solusi terhadap kerusakan peralatan yang terjadi akibat proses kerja berbasis komputer yang berat. Selain itu, terdapat juga fitur Fault Tolerance (FT) yang juga berperan seperti HA, namun bekerja tanpa menunggu adanya downtime akibat kerusakan yang terjadi.

Kedua fitur tersebut butuh skill dan kecermatan tersendiri. Sehingga, sejumlah perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang menguasai FT dan HA, demi kelancaran kinerja program berbasis komputernya. Pada umumnya, alasan-alasan tersebut mengindikasikan kebutuhan organisasi perusahaan dalam bidang IT-nya terhadap kualifikasi sumber daya manusianya. Sehingga, siapapun yang ingin menjadi professional atau karyawan IT, menguasai VMWare untuk pemanfaatan virtualisasi merupakan peluang yang terbuka lebar untuk karir dan kemajuan perusahaannya.

Sumber: /www.cbtnuggets.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu