Yuk, Kenali Serverless dan Layanan Firebase untuk Pengembangan Bisnis

Seiring berkembangnya teknologi, aktivitas jual beli atau kegiatan berbisnis bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita. Wadah atau โ€œplatformโ€ jual beli online sudah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia dimana metode pembayarannya juga mudah dipahami sebagai transaksi pembayarannya. Mungkin yang Anda kenal dan pernah gunakan seperti Platform Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.

Teknologi memang hadir untuk memudahkan aktivitas kita, salah satunya berbisnis. Sistem Serverlees Computing hadir sebagai sebuah solusi dariย  perkembangan teknologi dimana sistem ini akan sangat membantu Anda dalam dunia bisnis. Sistem ini secara praktis memudahkan aktivitas aplikasi bekerja secara cepat tanpa membutuhkan server. Lalu bagaimana cara kinerja dan seperti apa sistem ini?

ย  ย  ย  ย  ย  Serverless Computing ini bekerja secara cepat dengan mengolah data yang masuk untuk merespon permintaan traffic sehingga proses kerja aplikasi akan lebih cepat bekerja karena tidak menggunakan basis server. Sederhananya, ย sistem ini akan memudahkan para IT dan developer perusahaan bisnis atau platform jual beli dalam peningkatan kapasitas penjualan lebih banyak karena tidak membutuhkan server untuk mengolah permintaan data yang masuk.

Serverless computing

Jika digali terus mengenai sistem teknologi ini, tentunya kita akan sangat terbantu dengan sistem serverless computing karena penggunaan aplikasi akan jauh lebih mudah dan cepat serta terhindar dari down server ย pada web atau aplikasi seperti biasanya. Cara kerja dari sistem serverless ini dibedakan menjadi dua hal, diantaranya serverless yang diajukan oleh Google yaitu Google Cloud Platform (GCP). Google mengembangkan teknologi serverless GCP ini dengan membuat standar kinerja Phyton 3,7 dan PHP 7,2 yang akan membantu Anda meningkatkan performa aplikasi yang lebih cepat dan mudah digunakan.

serverless

Selain itu, serverless container juga bisa Anda kembangkan dalam penggunaan aplikasi berbisnis Anda karena tidak perlu membayar tagihan untuk biaya server. Yang dibutuhkan adalah data secara on- premise dan mulai menggunakan KNative yang memfasilitasi building blocks pada aplikasi anda. KNative ini memangย  terdengar asing oleh kita namun KNative hadir sebagai sebuah komponen open source yang mendukung Kubernetes yang memudahkan developer membangun sebuah aplikasi tanpa server.

Diantara kemudahan yang ditawarkan oleh sistem serverless computing ini, dunia bisnis yang menggunakan penggunaan teknologi dalam aktivitas jual belinya tentu akan diuntungkan. Anda bisa menggunakan cara kerja serverless dari google yaitu GCP maupun serverless container dimana hal ini akan mengurangi biaya server yang harus dikeluarkan dalam pengelolaan sebuah aplikasi atau platform.

Baca juga :

CCNA Beserta Manfaat Sertifikasi CCNA

Manfaat Cloud Computing dalam Bisnis

Selain sistem serverless computing, Layanan Firebase juga memiliki beberapa manfaat dalam pengembangan aplikasi dalam dunia bisnis. Layanan firebase ini merupakan layanan dari Google yang mempermudah aktivitas IT dan developer program dengan memberikan dua fitur yang menarik, diantaranya Firebase Remote Config dan Firebase Realtime Database. Layanan ini jelas memiliki beberapa kegunaan yang menguntungkan pebisnis dalam menggunakan teknologi.

firebase

Diantara keuntungan menggunakan layanan Firebase adalah platform yang biasa kita gunakan seperti iOS, Android, C+++ dan Unity akan didukung oleh Google analitytics dalam bentuk penyediaan pelaporan gratis dan mengoptimalkan pasar anda secara tidak terbatas karena menggunakan ekspor data ke Bigquery yang ada. Jika anda menggunakan realtime database, dataย  anda akan tetap tersedia disetiap user secara realtime karena Firebase menyediakan SDK basis data relatime untuk platform atau aplikasi yang anda gunakan.

keuntungan firebase

ย  ย  ย  ย  ย  Web Hosting pada aplikasi atau platform Anda juga akan bekerja secara cepat dan amanย  oleh bantuan hosting yang didukung oleh SSD dimana Anda dapat mengirimkan data secaa cepat dan global jika menggunakan layanan firebase. Selain itu, Cloud Firebase yang juga merupakan bagian dari teknologi serverless akan membantu menyinkronkan data Anda ketika platform yang digunakan memperbolehkan antara pelanggan dan produsen untuk mengubah data meskipun dalam keadaan offline. Menyenangkan bukan jika bisa memanfaatkan layanan firebase ini?

Firebase juga memberi kemudahan bagi kita atau Anda yang berbisnis dalam hal pengembangan aplikasi seperti layanan Cloud Messaging yang terintegrasi dengan Firebase Aanalitycs dimana Anda dapat mengirim pesan ke perangkat apapun yang memiliki koneksi sesuai kebutuhan Anda. Kualitas aplikasi akan bisa meningkat dengan Firebase Crashlytics yang akan menemukan akar penyebab kerusakan dengan melaporkan perbaikan bug secara cepat dan mudah.

keuntungan firebase

Layanan yang diusung google berupa firebase App Indexing juga bisa menjadi keuntungan apabila dimanfaatkan apabila anda ingin meningkatkan peringkat bisnis ada di search engine berupa Google Search. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kinerja peringkat untuk tautan aplikasi Anda sehingga pengguna dapat menemukannya dengan mudah. Selain itu, keuntungan lainnya menggunakan firebase mungkin akan anda pernah rasakan sebelumnya, yaitu Tautan Firebase Dinamis. Pernahkah Anda dalam pencarian di googleย  yang sebelum Anda selesai input kata kunci sudah muncul beberapa rekomendasi URL yang bisa anda langsung pilih? Nah, itu merupakan salah satu fungsi dari tautan firenase dinamis ini. Anda juga bisa gunakan dalam pengembangan aplikasi bisnis anda secara gratis dari layanan firebase ini.

Perkembangan teknologi pun jelas memudahkan aktivitas berbisnis anda jika menggunakan Mesin Pengembangan Aplikasi Seluler dengan Firebase ML-Kit. Fungsi dari mesin ini adalah mengenali teks, deteksi wajah, pindai barcode, pelabelan gambar, deteksi landmark, dan semua yang berhubungan dengan Machine Learning. Tidak hanya pebisnis yang menggunakan mesin ini, namun beberapa Bank Swasta di Indonesia telah menggunakan mesin mobile apps development ini seperti Bank BNI, Bank Mandiri, dll.

keuntungan firebase

Terakhir, keuntungan yang bisa didapatkan dalam penggunaan layanan firebase olehย Google pada aplikasi anda adalah autentifikasi Multi-Paltform dengan Firebase. Sistem ini dikembangkan dengan menerapkan sistem seperti Google Sign In, Smartlock. Dan Chrome Password Manager yang membantu pelanggan anda dapat masuk melalui platform yang mereka percayai seperti Google atau Facebook.

 

Sudah saatnya anda mengembangkan aplikasi dan platform anda dengan menggunakan teknologi Serverless Computing dan layanan Firebase ini. Aktivitas berbisnis akan sangat dimudahkan denganย  sistem serverless yang tidak berbayarย  dan sangat diuntungkan jika menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh firebase dari Google.

Referensi :

www.pointstar.co.id

www.akaproid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu