Mengenal Perangkat Lunak Enterprise Resource Planning (ERP) Lebih Dekat
Enterprise Resource Planning (ERP)
Enterprise Resource Planning (ERP)

Pernahkah Anda mendengar atau mengenal ย Perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP)? Perangkat ini merupakan sistem yang mengumpulkan, menabung, mengelola data dari berbagai aktivitas bisnis (in house company). Sistem ERP ini juga disebut sebagai sistem informasi yang membantu perusahaan mengintegrasikan setiap aspeknya dimana dibuat menggunakan basis data terpusat serta platform berbagi bersama untuk memastikan sistem selalu dalam keadaan konsisten.

Terdapat beberapa keuntungan jika dalam bisnis perusahaan Anda menggunakan perangkat lunak ERP termasuk dalam hal meminimalisir biaya perusahaan. Hal ini dikarenakan sistem ini mengatur koneksi dengan pemangku kepentingan eksternal dan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kinerja manajemen. ERP sendiri memberikan pengaruh besar dalam perusahaan Anda dalam hal konsultasi, membahas, dan dukungan. Sistem ERP diimplementasikan berdasarkan faktor yang memasukkan ukuran bisnis perushaan tersebut, jumlah modul sistem, dan kesiapan pelangganย  untuk memperoleh alih kepemilikan proyek.

Selain itu, sistem pada perangkat lunak ERP juga menguntungkan bisnis Anda karena persaingan dan peluang pasar dengan cepat, rantai pasokan dapat dijaga lebih ketat, dan konfigurasi produk lebih fleksibel. Sistem ERP ini juga lebih efisien dalam menangani banyak transaksi yang mendokumentasikan kegiatan perusahaan serta secara komprehensif untuk mendukung keputusan perencanaan dan pengendalian bisnis.

Enterprise Resource Planning (ERP) memiliki beberapa kualifikasi yang kualitasnya ditentukan oleh empat aspek berikut;

  1. Sistem aplikasi ini harus diintegrasikan karena ketika transaksi data yang mewakili suatu kegiatan usaha yang dimasukkan oleh salah satu fungsi, data lain yang terkait akan langsung terbarui.
  2. Sistem lain harus modular sehingga dapat dikombinasikan ke dalam sistem yang lebih luas atau terhubung dengan perangkay lunak dari aplikasi lain.
  3. Sistem aplikasi ini harus memfasilitasi pengendalian kegiatan dasar dan perencanaan, termasuk peramalan, perencanaan produksi dan manajemen persediaan
  4. Sistem aplikasi ini harus multifungsi karena untuk memberikan informasi keuangan, kegiatan pengadaan material baik dalam satuan rupiah maupun unit volume, ataupun penjualan dalam satuan rupiah maupun volume unit produk dan jasa, serta manufaktur atau konversi proses dalam satuan sumber daya atau orang.

Enterprise Resource Planning (ERP)

Pengintegrasian sistem pada ERP menggabungkan semua aplikasi sistem yang digunakan oleh perusahaan dimana aplikasi ERP sendiri mencakup pada sistem platform umum yang mencatat data keuangan, pengolahan dan melakukan rekonsiliasi data untuk menghasilkan informasi akuntansi dan keuangan dalam bentuk general ledger, dan aplikasi ini bernama Sistem Aplikasi Finance.

Sementara itu, dalam bisnis manufacturing dan logistik ERP memiliki modul aplikasi yang mencakup; menajemen bahan baku, pemeliharaan fasilitas pabrik, manajemen kualitas dan pengendalian produksi. Untuk aplikasi ERP penjualan dan pemasaran, ERP memiliki modul aplikasi seperti; sales order management, forecasting, order management, credit checking, dll. Tidak hanya itu, ERP juga memiliki aplikasi sistem untuk sumber daya manusia dimana mendukung perusahaan bisnis dalam dalam aktivitas pengelolaan payroll, administrasi benerfit, rekrutmen, dll.

Baca juga : Firebase serverless

Mobile App dan Bisnis Online

Meskipun perangkat lunak ERP ini memiliki berbagai fungsi dan manfaat dalam pengelolaan bisnis perusahaan Anda, penerapannya juga membutuhkan biaya yang cukup mahal, baik dalam initial cost maupun running cost, memerlukan costumized atau tailoring ย dalam menyesuaikan semua sistem aplikasi ERP dengan proses bisnis dan supply chain management perusahaan Anda.

Untuk menggunakan perangkat lunak ERP dan semua sistem aplikasinya, perlu pelatihan yang intensif baik dari tingkat manajerial sampai dengan tingkat operasional. Jika Anda tertarik dengan sistem ini maka perlu perubahan budaya dan cara kerja perusahaan Anda karena harus menyesuaikan dengan semua sistem yang ada. Namun apabila perusahaan anda masih dalam pengembangan sistem dari usaha kecil menjadi usaha besar, anda bisa menggunakan layanan berbasis ERP yang sudah mulai bermunculan untuk para pelaku usaha kecil menengah, yaitu ERPNext Indonesia.

ERPNext Indonesia merupakan open source ERP berbasis web yang juga bekerja seperti layanan ERP lainnya, namun penggunaannya tidak terlalu memerlukan sistemasi dan biaya yang besar karena sudah dirancang khusus untuk pengusaha bisnis kecil menengah. Selain itu, sistem aplikasi yang terdapat pada layanan ERPNext juga tidak kalah canggih daripada sistem ERP sebelumnya karena memiliki sistem dan fungsi lebih banyak dalam pengembangan bisnis Anda.

Source :

www.aplikasibisnis.net

www.supplychainindonesia.com

www.hashmicro.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu