BLOG

“ Disruptive technology “ Mengikuti atau diikuiti ?

Ketika kita berpikir tentang teknologi, kita sering berpikir tentang perangkat fisik atau digital. Sebenarnya teknologi mencakup jauh lebih dari itu.Teknologi adalah suatu “metode, sistem, dan perangkat yang merupakan hasil dari pengetahuan ilmiah yang digunakan untuk tujuan praktis.” Seperti yang kita lihat saat ini teknologi akan sangat dibutuhkan didunia bisnis sehingga didorong oleh banyak metode dan sistem untuk mempermudah semua lingkup kegiatan yang berkaitan dengan bisnis dan semua tatanan kegiatanan itu sendiri.

Kita sebagai pengguna teknologi, tentu harus paham hal apa yang akan menjadi peluang bagi kita sendiri agar terus maju dan berkembang, dari hal tersebut kita harus memprediksi dengan pasti mana yang akan menjadi langkah terbaik untuk kita adaptasi. Dengan demikian, ada sejumlah perkembangan yang telah dan akan terus membentuk strategi bisnis. Dari otomatisasi hingga keberlanjutan, organisasi beradaptasi dengan gelombang baru preferensi konsumen.

Dari hal tersebut muncul sebuah tren teknologi yaitu “Disruptive Technology”. Disruptive technology adalah suatu inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, menggangu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Inovasi disruptif mengembangkan suatu produk atau layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama.

Baca juga :

https://itlearningcenter.id/pengertian-artificial-intelligence-ai-kecerdasan-buatan-terlengkap/

https://itlearningcenter.id/ini-bukti-banyak-pengguna-internet-payah-bikin-password/

https://itlearningcenter.id/pendayagunaan-teknologi-dan-konten-pembelajaran-dalam-membentuk-karakter-bangsa-yang-unggul/

 

Beberapa contoh penerepan disruptive technolog

1. Mobile-first to AI-first

Pergeseran besar dalam pemikiran bisnis telah menempatkan Kecerdasan Buatan di pusat strategi bisnis. Sebagai contoh Google dan Microsoft fokus pada strategi “AI first”, memimpin jalan bagi perusahaan besar lainnya untuk mengikutinya. Perusahaan menunjukkan kemauan untuk menggunakan AI dan alat terkait seperti pembelajaran mesin untuk mengotomatisasi proses, mengurangi tugas administrasi, dan mengumpulkan dan mengatur data. Memahami sejumlah besar informasi sangat penting dalam era data massal, dan AI terbukti menjadi solusi yang sangat efektif. AI telah menjadi focus utama saat ini dan efektif untuk banyak bisnis sehingga banyak bisnis mengalami transformasi dalam mentalitas.

2.Personal data value platforms

Data pribadi telah menjadi aset ekonomi. Namun, kurangnya pengetahuan konsumen tentang apa tepatnya yang digunakan dan berapa nilainya benar-benar dapat menyebabkan keengganan untuk berbagi data. Platform nilai data pribadi akan membantu untuk memberi tahu individu tentang nilai data mereka, mendorong gelombang produk dan layanan baru yang bertujuan membantu konsumen mengambil kepemilikan atas informasi pribadi mereka. Sebagai contoh pengenalan undang-undang seperti GDPR juga akan berkontribusi pada tujuan ini karena organisasi harus mematuhi aturan perlindungan data yang ketat.

3.Huge growth in the as-a-service model

Pertumbuhan model bisnis as-a-service telah dihasilkan dari perubahan dalam kebutuhan perusahaan dan konsumen. Permintaan pelanggan akan sumber daya telah memicu inovasi dalam penggunaan kembali dan remanufaktur barang, yang mencerminkan tren kesadaran lingkungan dan preferensi untuk akses dari pada kepemilikan. Untuk bisnis, solusi as-a-service memangkas biaya dengan menyederhanakan infrastruktur TI.

4.Voice based virtual assistants become ubiquitous

Penyerapan luas dari asisten berbasis rumah dan virtual seperti Alexa dan Google Home telah membangun kepercayaan dalam antarmuka percakapan, membiasakan konsumen dengan cara yang mulus untuk berinteraksi dengan teknologi. Dalam konteks ini perusahaan telah mengambil posisi utama antara merek dan pelanggan, memanfaatkan kenyamanan percakapan. Adopsi lebih lanjut dari teknologi ini akan meningkatkan iklan dan penjualan yang dipersonalisasi, menciptakan tautan langsung antara perusahaan dan konsumen.

5.Improved decision making with Prescriptive Analytics

Munculnya kemampuan penemuan data, pembelajaran mesin, dan otomatisasi dari seluruh alur kerja analitik memungkinkan organisasi untuk menangani sejumlah besar informasi dengan mudah. Kemampuan analisis dengan perspektif yang baru khususnya akan mendorong kemajuan besar dalam cara kita memahami data yang tidak terstruktur dan gelap. Dengan menggunakan konsep ini, organisasi dapat memprediksi perkembangan pasar yang membawa ke perubahan yang lebih besar. Analitik preskriptif melampaui pengetahuan, menyediakan tindakan yang disarankan berdasarkan hasil sebelumnya. Tindakan yang direkomendasikan untuk mencapai hasil tertentu.

6.Convergence

Ketika teknologi baru dan model bisnis baru mentransformasikan sektor, struktur kerjanya melai pudar antara apa yang sebelumnya dilihat sebagai industri yang sangat berbeda. Konvergensi industri membuka peluang besar bagi organisasi untuk berkembang, menawarkan produk dan layanan baru ke basis pelanggan mereka. Perusahaan-perusahaan otomotif, misalnya, berinvestasi dalam aplikasi berbagi perjalanan karena mereka ingin mengubah diri mereka sebagai solusi mobilitas, dan bank bekerja dengan FinTechs untuk berkembang bersama kebutuhan konsumen.

7.Renewables and Clean Energy near tipping point

Biaya energi terbarukan turun lebih cepat dari yang diperkirakan karena efisiensi turbin angin dan panel surya meningkat. Ini, ditambah dengan kemajuan besar dalam penyimpanan energi, akan melihat penurunan berkelanjutan dari bahan bakar fosil. Bisnis lama seperti Shell dan BP mengalihkan fokus mereka ke opsi yang dapat diperbarui karena konsumen secara bertahap mengadopsi opsi energi bersih. Salah satu perubahan terpenting dari penyebab terbarukan adalah pembuatan kendaraan listrik yang ekonomis, dan implementasi infrastruktur untuk mendukungnya.

8.Increased cross sector innovation

Konvergensi, kolaborasi, dan gerakan sumber terbuka semuanya berkontribusi pada dorongan inovasi lintas sektor. Perusahaan mencari bisnis di industri lain untuk wawasan dan keahlian yang dapat meningkatkan produk dan layanan mereka sendiri. AgriTech dan FinTech, misalnya, sedang mengembangkan satu sama lain untuk mengatasi masalah keuangan dalam pertanian. Ketika inovasi lintas sektor menjadi norma, kita akan melihat penerapan strategi dan model bisnis yang lebih sukses dari satu industri ke industri lainnya.

 

Source : www.disruptionhub.com

Rate this post
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.