BLOG

Digital marketing strategy; mengapa penting untuk membangun bisnis?

Sebelum membahas digital marketing strategy secara lebih jauh, ayo kita kembali memperlajarinya dari hal yang paling sederhana. Apakah kiranya kamu akan membangun bisnis tanpa merencanakan bagaimana bisnismu akan berjalan? Siapa targetnya? Apa yang kamu jual, entah jasa ataupun barang? Dimana basis usahanya? Tentu tidak bukan? Tanpa perencanaan yang cermat dan jelas bisnismu akan berantakan. Pendekatan yang baik untuk membangun bisnis dengan perencanaan yang matang akan membantumu mencapai kesuksesan. Jadi, Ketika kamu melakukannya secara online kenapa tidak direncanakan dengan matang terlebih dahulu?

Well, sebelum lebih jauh, coba kit acari tahu terlebih dahulu, mengapa saat ini kamu harus masuk dalam ranah digital? Atau mudahnya, kenapa kamu memiliki web bisnis, halaman facebook, Twitter, LinkedIn atau Instagram akun untuk bisnismu? Mengapa kamu mengunakannya dan bagaimana caramu menggunakannya? Pernahkah kamu berpikir hasil apa yang kamu inginkan dari masing-masing plkatform ini? Ingat, you can’t improve what you can’t measure. Tentu akan banyak hal yang terlewatkan ketika kamu bahkan tidak menyadari potensi dari masing-masing platform ini dalam mengembangkan digital marketing.

Baca juga: 7 Pekerjaan Digital Marketing dengan Bayaran Tertinggi

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Smart Insight, menunjukkan bahwa 49% bisnis sebanarnya tidak memiliki digital marketing strategy yang terdefiniskan dengan baik. Banyak perusahaan yang percaya hanya karena mereka memiliki orang yang bekerja untuk mengerjakan Facebook, Twitter dan LinkedIn mereka telah mengerjakan digital marketing. Seseorang memposting unggahan tentang produknya, promosi dan lain-lain. Apakah ini cukup? Tentu, tidak! Ini bukanlah suatu strategi bahkan ketika mendapatkan beberapa like dan share. ‘Spray and pray method’ jika boleh dibilang.

Kita harus memikirkan digital marketing secara serius. Ada dua faktor utama, yakni:

  1. Untuk menjual barang atau jasa yang ditawarkan.
  2. Membangun reputasi brand.

Untuk perusahaan yang tidak menjual produknya langsung secara online tujuan utamanya adalah untuk menciptakan leads yang akan menghasilkan kesempatan untuk menjual produk. Apakah ada alasan logis bagaimana ini dapat dilakukan tanpa digital marketing strategy yang baik. Tentu tidak!

Di dalam digital marketing strategy ada 5 aspek penting yang akan membantu dalam menjalankan bisnis;

  • Memahami goals dan outcome yang diinginkan.
    • Why develop an online business and What do you want to achieve
    • Your Goals need to be realistic and achievable so it is wise to use the SMART approach throughout
    • Understand the financial investment required to achieve your desired outcomes – be realistic!
    • Employ a number of Objectives to help you achieve your Goals
  • Get to Know and Reach your target audience online:
    • Get to know your audience, their likes and dislikes and their personas
    • Quality SEO will help you reach your target audience and is key to getting found online
    • Know where your audience resides online – the channels they most often use when online
    • Talk to your audience in a way that is relevant and meaningful to them
  • Develop Quality and Relevant Content for your target audience:
    • This starts with your Website, which needs to be designed to facilitate the User Journey
    • Create and Curate content that is relevant and interesting for your audiences
    • Develop your Social Media Channels and provide relevant and engaging content for your audiences
    • Develop and Build your Content Calendar – absolutely essential for success
  • Measure Your Success:
    • Use a set of analysis and measuring tools to enable you to see the progress of your campaigns
    • Key Performance Indicators will enable you to measure success
    • Statistical Reporting – produce real-time reporting to keep you informed of progress or issues arising
  • Analyse & Iterate:
    • Once you analyze performance you can begin to implement changes
    • Implement changes to improve your return on investment (ROI)
    • Use an Iterative approach to continually develop your campaigns and your online visibility
    • Reassess your budgets – keep them realistic and achievable based on your desired outcomes

Strategi pemasaran digital yang terencana dan terintegrasi aka memberikan dasar untuk mendefinisikan dengan jelas tujuan dan sasaran Anda, merencanakan dan memberikan konten yang sesuai dengan audiens, dan mengukur hasilnya berdasarkan KPI Anda. Ini memberikan kerangka kerja untuk menumbuhkan percakapan yang akhirnya mengembangkan aliran pendapatan yang berkelanjutan.

Ingin tahu tentang digital marketing secara lebih mendalam? Hemera Academy dapat membantu Anda melakukannya.

 

Rate this post
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.