Melakukan penelusuran di internet guna mencari informasi tentu menjadi kegiatan yang hampir dilakukan setiap orang pada saat ini. Mesin pencari seperti Google dan Safari, menjadi rujukan utama dalam pencarian informasi. Mengingat sangat banyak informasi yang tersedia, waktu berjam-jam tidak akan terasa. Namun tahukah Anda? Bahwa informasi yang tertera pada mesin pencari hanya sebagian kecil dari seluruh informasi yang tersedia? Porsi terbesar justru ada pada bagian yang disebut dengan Dark Web.

Jangan buru-buru menilai miring pada bagian yang satu ini. Memang pada banyak film dan informasi yang awam beredar, Dark Web merupakan bagian gelap dari internet dimana segala macam informasi ilegal beredar. Mulai dari jasa pembunuh bayaran, jual beli organ tubuh, atau situs-situs yang mengandung konten pornografi ilegal.

Mungkin untuk sebagian besar orang awam, kata Dark Web hanya pernah didengar sejak bermunculannya video-video para youtubers membuka misteri box yang mereka beli di Dark Web. Yang menarik adalah hampir setiap video tersebut memiliki kata-kata seperti “VERY SCARY”, “DISTURBING CONTENTS”, “SHOCKING”, atau bahkan “HUMAN PARTS” di judul videonya. Setelah menonton beberapa video unboxing yang ada di Youtube, ternyata judul-judul tersebut bukan saja untuk menjadi clickbait bagi jutaan penonton, namun memang benar judul-judul tersebut menggambarkan kejutan yang menunggu di dalam misteri box tersebut. Barang-barang di dalam misteri box dari Dark Web terkadang adalah barang-barang dengan gambar-gambar setan, barang dengan bekas darah, atau bahkan bangkai binatang. Sejauh ini, apa yang digambarkan tentang Dark Web adalah sesuatu yang menyeramkan, tapi apakah Dark Web memang menyeramkan seperti apa yang dilihat di video-video unboxing di Youtube?

Apa itu Dark Web?

Dark web, bagian dari internet yang tersembunyi, biasanya dikaitkan dengan sejumlah aktivitas ilegal termasuk pembelian dan penjualan obat-obatan, senjata api, data keuangan yang dicuri, dan jenis informasi berharga lainnya.
Dark web juga tidak memiliki informasi seperti website pada umumnya. Semua pergerakan dan transaksinya anonim. Itu mungkin terdengar kejam, tetapi beberapa ahli berpendapat bahwa dark web juga berguna dalam menghindari sensor internet.

Dark web adalah bagian kecil dari deep web, yang merupakan bagian dari internet yang tidak dapat ditemukan menggunakan mesin pencari. Deep web sendiri diperkirakan sekitar 400 hingga 500 kali lebih besar daripada internet umum. Sementara itu, dark web relatif lebih kecil, hanya terdiri dari serangkaian jaringan terenkripsi yang mampu menyembunyikan identitas dan lokasi pengguna dan hanya dapat diakses dengan perangkat lunak khusus.

Dark Web dilindungi oleh mekanisme yang terenkripsi seperti “TOR” (The Onion Router) dimana para penggunanya dapat melindungi hak privasi mereka seperti identitas dan letak geografis mereka saat browsing informasi.

Bukan Hanya Orang Jahat yang Menggunakan Dark Web

Perlu diketahui bahwa orang tidak hanya menggunakan dark web untuk mencari barang-barang jahat dan konten yang mengganggu. Terdapat kriminal yang berkeliaran di sana, tetapi ada pula orang-orang dari pemerintahan, jurnalis, advokat, hingga pegawai perusahaan internet seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica.

Namun, perlu diketahui juga bahwa dark web memang banyak disalahgunakan. Studi menunjukkan bahwa 80 persen penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain.

Baca Juga: Apakah data Anda aman dari kebocoran data?

Kegunaan Dark Web

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak semua situs yang ada di dalam dark web itu buruk atau jahat. Di sana intel bisa melacak penjahat-penjahat internet, masyarakat China bisa mendiskusikan apa pun tanpa “proteksi” dari The Great Firewall, dan lain-lain. Memang tidak salah jika orang mengatakan bahwa pada umumnya dark web digunakan untuk keperluan kriminal. Akan tetapi realitasnya terlalu dilebihkan.

Dilansir dari Wired, sebenarnya dark web muncul sebagai janji dari World Wide Web. Mereka ingin memastikan bahwa setiap orang bisa melakukan apa pun, berdiskusi tentang apa saja, tanpa takut terkena sensor. Karena semakin banyak negara yang melakukan sensor internet, dark web semakin berkembang dan diminati warganya.

Bagaimana menurut Anda mengenai hal ini? Apakah Anda setuju kalau dark web dianggap sebagai bagian terburuk yang ada di internet? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar ya!

Sumber :
https://www.imf.org

AI-Powered Content Intelligence for Digital Communicators – Ubermetrics

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu