Sahabat Hemera Academy, sekarang ini, sertifikat keahlian di bidang tertentu memiliki pengaruh besar lho terhadap karier. Fungsi sertifikat tersebut, tidak lain adalah sebagai pembuktian bahwa kamu memang ahli di bidang itu dan dapat dipercaya oleh perusahaan.

Nah, salah satu sertifikat yang harusย  kamu miliki jika kamu ingin berkarier di bidang IT adalah CCNA. CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate, yaitu sebuah program sertifikasi di industri jaringan komputer yang dikeluarkan oleh Cisco System. Di mana, Cisco merupakan perusahaan yang saat ini secara de-facto menjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia. Kebayang dong gimana pentingnya sertifikat CCNA ini bagi kamu yang ingin terjun ke dunia IT?

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang IT, CCNA menjadi opsi yang paling berpotensi untuk membangun karier dan keahlian kamu. Memang tidak akan langsung menjadi seorang IT Network yang expert, namun setidaknya inilah pintu gerbang yang pertama kali perlu kamu buka untuk menuju tempat yang lebih indah.

Programmer โ€œWajibโ€ memiliki Sertifikat CCNA? Why? Alasannya kenapa?

Seperti yang tadi telah dipaparkan, sertifikat merupakan salah satu hal yang nyata manfaatnya dalam membangun karier kamu. Entah itu menjadi karyawan, konsultan, pengusaha atau apapun. Karena sertifikat, membuktikan bahwa kamu sudah memiliki pengakuan tertulis dari sumbernya yakni organisasi penerbit sertifikat.

Nah, berikut alasan kenapa kamu harus memiliki sertifikat CCNA :

  1. Memahami Routing dan Switching sebagai Core Jaringan Komputer
    Routing dan switching adalah tulang punggung suatu jaringan komputer. Ketika berbicara infrastruktur jaringan komputer, 2 hal yang tak pernah dilupakan adalah: routing, dan switching.Sederhananya, routing adalah proses pemilihan arah lalu lintas antar jaringan komputer. Sedangkan switching adalah aktifitas penerimaan data, perosesan dan pengirman kembali ke dalam jaringan.ย Dua perangkat tersebut biasa kita kenal sebagai router dan switch.

    Dua hal ini merupakan bagian yang paling penting dalam jaringan komputer. Bagi kamu yang sudah memiliki sertifikat CCNA, sudah dapat dipastikan bahwa kamu ahli dalam dua hal ini. Keahlianmu tidak akan diragukan lagi.

  1. CCNA Certified โ€“ Artinya Telah disertifikasi Oleh Networking Leader
    Meski diluar sana banyak perdebatan mengenai vendor apa yang terbaik. Tapi tetap saja cisco certified menjadi paling prioritas saat ini. Hal ini terbukti dengan persyaratan melamar kerja sebagai Network Engineer, hampir semuanya menyaratkan kandidat harus bersertifikat CCNA.Dengan kata lain, CCNA adalah sertifikasi high-class, dan sudah diakui kualitasnya. Tentu saja saat ini mayoritas perusahaan besar menggunakan perangkat Cisco. Walaupun begitu, suatu saat jika diharuskan untuk berhadapan dengan perangkat lain, seorang CCNA Certified tidak akan kebingungan.
  1. Membuka Peluang untuk Kenaikan Gaji
    Memiliki sertifikat CCNA sudah pasti meningkatkan peluang bagi kamu agar bisa diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang kamu idamkan. Terutama peluang diterima di perusahaan yang sudah menjadi gold partner Cisco.ย Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan yang kamu idamkan, apalagi jika kamu seorang freshgraduate, belajar CCNA adalah salah satu cara ampuh untuk mendongkrak kariermu.Manfaat memiliki sertifikat CCNA tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang bekerja dan ingin memperoleh pendapatan yang lebih.

Program sertifikasi CCNA ini dikeluarkan oleh Cisco pada tahun 1998. CCNA merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah). Artinya, bagi kamu pemegang sertifikat CCNA, kamu dianggap sudah mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise.

Wah sangat menarik, bukan? Jenjang karier kamu dijamin akan lebih bagus jika memiliki sertifikat ini.

Ingin memiliki sertifikat CCNA, tapi bingung bagaimana cara mendapatkannya?

Eittsssssโ€ฆโ€ฆ jangan khawatir. Worry no more, Hemera Academy is here to help! Kami siap membantu kamu untuk bisa memiliki sertfikat CCNA ini. Di Hemera Academy, kami akan memberikan training tentang Cisco dan CCNA bagi kamu yang ingin mendapatkan pelatihannya, dan tentunya bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikat CCNA.

Tunggu apa lagi? Ayo bergabung dengan Hemera Academy sekarang juga.

With us, your life become brighter. J

Sumber : medium.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu