Seiring berjalannya waktu, zaman terus berkembang dan juga memengaruhi kebutuhan kinerja sumber daya manusia pada sektor apapun. Baik secara individu maupun kelompok. Entah itu pekerja kantoran di sebuah perusahaan, atau wirausahawan, atau siapapun yang bekerja secara mandiri tidak di bawah tuntutan perusahaan.

Untuk itu, bagi Anda yang bekerja di sebuah perusahaan,ย  tantangan yang harus dihadapi oleh setiap orang adalah persoalan kapabilitas dirinya sendiri. Sejauh mana dia bisa berkembang dan masih dibutuhkan untuk sebuah harapan kemajuan di suatu instansi. Maka, tiada pilihan lain bagi setiap orang yang ingin berkembang dan bertahan eksis dalam segala kemajuan kecuali meningkatkan kapabilitas dirinya tersebut.

Dalam meningkatkan kapabilitas diri, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar Anda tahu bagaimana harus melangkah sebagai berikut;

  1. Setiap perusahaan butuh perkembangan kapabilitas meski sedikit perubahan metode
    Sebuah survei mengatakan, bahwa membangun dan memelihara kapabilitas merupakan strategiย  prioritas tertinggi bagi perusahaan untuk mencapai keberhasilan. Meskipun, fakta tersebut tidak diikuti dengan proses pencapaian yang menggunakan metode terbaharukan.Survey itu juga menyebutkan bahwa sejumlah perusahaan masih mempercayai keampuhan metode peningkatan kapabilitas yang dipakai biasanya. Bilapun ada perbaikan atau kemajuan, responden pada survey tersebut mengaku hanya terjadi di beberapa materi. Bahkan, beberapa perusahaan tidak menggunakan data metriks untuk mencatat kebutuhan program sehingga terjadi kesulitan untuk keberlanjutan peningkatan skill karyawan.

    Ini harus menjadi perhatian bagi karyawan atau calon karyawan, bahwa mau tidak mau apapun caranya setiap pribadi harus berupaya meningkatkan kapabilitasnya sesuai kebutuhan perusahaan. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri dalam program pembangunan kapasitas tersebut.

  1. Permintaan pasar menjadi landasan perkembangan kapablitas perusahaan saat ini
    Hasil survey pada perusahaan yang mengejutkan terkait peningkatan kapabilitas sumber daya manusia adalah tujuan utama yang bukan lagi beralasankan kompetisi dengan perusahaan lain. Saat ini, tujuan utama perusahaan dalam meningkatkan kapabilitas adalah permintaan konsumen, yang bersamaan dengan kepentingan strategis organisasi.Menurut data survey, tercatat 57% responden mengakui tujuan utama permintaan konsumen. Di bawahnya 47% mengatakan kepentingan strategis sebagai alasan peningkatan kapabilitas, diikuti dengan tingkat kompetisi antar perusahaan dengan suara 35%.

ย 

  1. Sejak 2010, karyawan frontline menjadi prioritas kapabilitas perusahaan
    Karyawan frontline atau frontline employees yang dimaksud adalah karyawan yang berada di posisi dengan tugas untuk lebih sering berinteraksi dengan orang lain, terutama dari luar perusahaan. Frontline employees menjadi lebih diprioritaskan dalam peningkatan kapabiltas, karena senada dengan tujuan perusahaan yang ingin memenuhi keinginan konsumen.Dalam hal ini, perusahaan mencoba untuk lebih dekat dengan konsumen dan mendapatkan citra yang baik melalui para frontline employees. Di samping itu, seiring berkembangnya inovasi perusahaan, yang juga paling penting adalah bagaimana menyampaikannya ke banyak pihak. Di sini, frontline employee sangat dibutuhkan untuk presentasi bisnis perusahaan.

    Artinya, salah satu aspek yang menjadi sorotan utama untuk peningkatan kapabiltas sumber daya manusia adalah mengenai teknik berkomunikasi. Untuk Anda yang tergoong frontline employee, ini menjadi sebuah tantangan besar yang akan membuat Anda level up jika mampu mengikutinya, atau justru sebaliknya.

  1. On-the-Job Training merupakan metode terfavorit pengembangan kapabilitas
    Untuk perusahaan yang mengadakan program peningkatan kapabilitas karyawan secara berkelanjutan, Mayoritas responden survey mengatakan bahwa on-the-job teaching (pelatihan di sela-sela proses bekerja) tetap menjadi metode paling diminati. Sekitar 56% responden mengakui intervensi belajar dan pengembangan skill dengan on-the-job teaching sebagai metode tervaforit.Di bawahnya barulah penerapan kursus internal dalam sebuah kelas sebagai metode program pengembangan terfavorit, beriringan dengan pelatihan formal atau informal.
  1. Perusahaan akan terus mendorong karyawannya meningkatkan kapabilitas
    Uniknya, hasil survey mengatakan bahwa yang membuat karyawan lebih semangat bahkan mendapatkan dampak efektif dalam program peningkatan kapabilitas adalah dorongan sistematis dari perusahaan itu sendiri. Mayoritas responden mengakui bahwa program berkelanjutan dari perusahaan lebih digemari dan berpengaruh banyak bagi sumber daya manusia dibandingkan penambahan alat, metode dan prosedur lainnya.

Poin-poin di atas setidaknya menjadi gambaran penting bagi setiap sumber daya manusia bagaimana semestinya bertindak dalam hal peningkatan kapabilitas diri sendiri. Mau tidak mau, apapun dinamika yang terjadi di setiap perusahaan, meningkatkan kapabiltas selalu menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, setiap individu semestinya dapat secara proaktif menyiapkan diri dalam setiap program pengembangan, agar mendapatkan hasil yang optimal.

Sumber:mckinsey

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu