Berikut apa saja kesalahan berbahaya yang harus dihindari saat mempelajari Java :
  1. Terlalu sedikit latihan karena terlalu banyak membaca.
    Inilah yang akan terjadi kalau kamu belajar coding dengan metode konvensional. Kita semua terbiasa belajar dengan membaca buku. Asumsinya, semakin tebal bukunya semakin banyak pengetahuan yang akan kamu dapatkan. Eits, tapi ini tidak berlaku untuk programming.Kurangnya latihan merupakan suatu hal yang fatal. Just start coding! Mulai dari hari pertama kamu belajar dan lakukan setiap hari. Sama saja dengan menari. Kamu ngga bakal bisa nari hanya dengan nonton video kan? Kamu juga bakalan nggaย percaya diri dalam coding sampai kamu menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari.
  1. Belajar tanpa tujuan yang jelas.
    Beberapa orang, tak peduli berapa pun umurnya, memang suka belajar. Mereka mencintai prosesnya, bukan hasilnya. Tentu saja, memperluas pemahaman adalah hal yang baik. Namun, mungkin kamu juga setuju bahwa tak ada gunanya membuang-buang ratusan bahkan mungkin ribuan jam hanya untuk mendapatkan hobi yang trendy.Dalam coding, meskipun terkadang terasa berat dan sulit, kamu hanya memiliki dua opsi, menyukainya atau tidak. Developer, yang mengkoding hanya sakadar untuk mendapatkan uang, tidak akan dipekerjakan Google atau perusahaan besar lainnya. Karena programming bukan vokasi mereka. Demikian juga apabila koding adalah passionmu, namun kamu tidak siap untuk melakukannya tiap hari. Programming kemungkinan besar bukan untuk mu.
  2. Mencoba memahami terlalu banyak teknologi sekaligus
    Perkembangan perangkat lunak bak sebuah lautan dalam penuh dengan data dan peralatannya. Jika kamu menocoba mempelajarai semua hal yang muncul dan menarik perhatianmu, besar kemungkinan, kamu justru akan terjebak dan benar-benar bingung.Inilah sebabnya kamu memerlukan suatu rencana tertentu, yang tentunya memasukkan Java Core di dalamnya, berisikan proyek coding juga tools. Perencanaan ini akan membantumu menghindari risiko belajar yang panjang dan membangun jangka waktu yang diperlukan untuk kamu belajar.
  1. Menjeda proses belajarmu
    Ingat moto โ€œcode every dayโ€ untuk mempelajari Java? Good. Pikirkan moto ini setiap kali kamu tergoda untuk skip belajar selama beberapa hari. Banyak istirahat di awal dalam proses pembelajaran adalah hal yang sangat berbahaya. melewati beberapa hari pendidikan. Beristirahat sebagai pemula lebih berbahaya daripada kelihatannya.
    Kamu akan memulai suatu subjek baru yang mengacu pada pebelajaran sebelumnya, yang ternyata sudah kamu lupakan sama sekali. โ€œAmnesiaโ€ mengejutkan macam ini akan terus menyeretmu ke belakang. So, do your best to move forward.
  2. Berpikir bahwa satu-sataunya hal yang perlu kamu ketahui untuk coding adalah Java language.
    A language is a tool in the hands of a skilled creator.Beberapa orang mungkin berkata bahwa kamu harus jago matematika untuk coding โ€“ no, you donโ€™t. Tetapi sebatas mengetahui bagaimana cara menulis code juga tidak akan menjadikanmu seorang programmer.
    Proggramming membutuhkan banyak keterampilan lain, seperti logika yang kuat, pemecahan mmasalah, kemampuan untuk memvisualisasi struktur dan urutan proses. Seorang programmer berpengalaman tidak mulai menulis kode sebelum memikirkan logika solusinya.
  1. Stuck pada suatu teori yang sulit.
    Seringkali tidak ada korelasi langsung antara jumlah waktu yang kamu habiskan pada satu tugas atau penelitian dengan keberhasilan tindakan ini. Saat kamu belajar Java, kegigihan adalah syarat penting untuk menyelesaikan suatu tugas atau memahami topik baru.Tapi terkadang, kamu juga harus tahu kapan untuk move on dan kembali pada inti permasalahan, nantinya. Sedikit saran, jangan coba untuk menghafal code atau menggali terlalu dalam pada bagaimana coding bekerja.Di Java, banyak proses yang berjalan secara otomatis. Maka dari itu kamu dapat fokus mengembangkan intuisi pemrogrammanmu dan menjadi semakin trampil.
  1. Mengabaikan pentingnya kode yang dapat dibaca.
    Saat kamu belajar programming, prioritasmu adalah membuat suatu kode berfungsi. Inilah mengapa beginner seringnya tidak memberi banyak perhatian pada kode yang bisa dibaca dengan comment yang jelas, yang mana dapat diโ€œdecryptedโ€ ย nantinya.Inilah yang sebagian besar programmer berpengalaman temui. Mereka menemukan kode pertama mereka dan mereka merasa tidak membuatnya. Mereka mencoba memahami ap aarti dari barisan itu dan apa yang coba dilakukannya. Pada waktunya kamu akan belajar bagaimana menuliskan kode yang dapat dibaca, well, hanya jika kamu berusaha.
  1. Tidak menguji kodemu secara teratur
    Menyedihkan, tapi beginilah faktanya, kodemu tidak akan selalu bekerja sebagaimana mestinya. Pastikan untuk memeriksanya secaa teratur dan jangan biarkan kesalahan berikutnya menumpuk. Alih-alih lelah karenaย  Alih-alih kelelahan men-debug dan mencari tahu apa dan kapan kodemu salah, kamu hanya perlu akan berurusan dengan masalah-masalah kecil di setiap tahap.
  1. Belajar Java sendirian
    Dengan begitu banyaknya alat dan sumber online yang dapat membantumu untuk sukses, Hemera misalnya, kamu memiliki peluang untuk menjadi programmer sukses secara mandiri. Namun, skamuu akan kehilangan kesempatan untuk berkominkasi secara nyata. Pembelajarnmu akan menjadi jauh lebih efektif jika kamu bergabung pada komunitas sesegera mungkin.Misalnya, forum Coderanch dan Stack Overflow yang memiliki utas diskusi besar untuk programmer Java. Juga, ada Komunitas Java Oracle, yang mendorong pendatang baru dan berpengalaman untuk bergabung dengan Forum Java dan mengikuti pembaruan dari blogger Oracle Java. Komunitas Jawa di Reddit memiliki lebih dari 107k orang.Well, Hemera Academy juga bisa jadi opsi kalau kamu mau bergabung. Kami memiliki komunitas programmer yang solid yang dapat membantu belajar.
  2. Berpikir bahwaa suat saat nanti aka nada hari dimana Kamu akan memahami segalanya
    Coba dengar kolegamu yang lebih berpengalaman sebagai junior developer namun tidak pernah berhenti belajar. Programming adalah sebuah profesi dengan peningkatan terus menerus, fitur dan teknologi baru yang harus kamu pegang agar tetap menajdi spesialis yang dicari.

Anyway, jika kamu merasa belajar programming seorang diri terlalu berat, jangan ragu untuk menghubungi Hemera Academy ya. Kami akan membantumu membangun skill yang dibutuhkan, juga membangun ekosistemnya. Jangan takut, will guide you from the very first step.

Sumber: https://medium.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu