Lead Implementer

ISO/IEC 2000-1:2019

Tujuan Program

Memahami dan menerapkan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2019.

Memahami dan menerapkan pendekatan, konsep, metode, standar dan teknik untuk mengelola Sistem

Manajemen Layanan TI (IT Service Management) secara efektif.

Menyadari hubungan antara proses manajemen Layanan TI dan kebutuhan untuk memenuhi persyaratan dari berbagai pemangku kepentingan dalam organisasi.

Mendapatkan keahlian dan kemampuan untuk mengelola tim untuk melaksanakan dan menjalankan standar ISO/IEC 20000-1:2019.

Memperoleh ketajaman dan inti keterampilan yang dibutuhkan untuk memberikan saran kepada suatu perusahaan terhadap praktik terbaik untuk pengelolaan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management).

Who Needs This?

Management Representative

ITSM Consultants

IT Governance Consultants

Document Controller

IT Manager/Supervisor

What You Learn?

◾ Prinsip dasar manajemen sistem layanan.
◾ Pengenalan tentang standar ISO 20000 dan variannya beserta perbandingannya dengan ITIL v2 dan v3.
◾ Analisa awal dan tingkat kematangan penerapan SMS saat ini.
◾ Menyusun kasus bisnis dan rencana proyek untuk pelaksanaan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Merencanakan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2011.

◾ Definisi sasaran dan kebijakan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Dokumentasi proses dan prosedur
◾ Manajemen Tingkat Layanan (Service Level Management)
Penganggaran dan perhitungan keuangan layanan TI
◾ Implementasi Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2011

◾ Pengelolaan kelangsungan layanan TI dan keamanan informasi
◾ Pengelolaan Kapasitas dan ketersediaan layanan TI
◾ Pengelolaan Hubungan bisnis dan pemasok
◾ Pengelolaan insiden dan problem
◾ Pengelolaan Perubahan
◾ Pengelolaan konfigurasi dan rilis
◾ Mengontrol, memonitor, mengukur dan meningkatkan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management); audit sertifikasi dari ITSM

◾ Membangun tolak ukur, indikator kinerja dan dashboard.
◾ Audit internal berbasis ISO/IEC 20000-1:2011
◾ Tinjauan manajemen berbasis ISO/IEC 20000-1:2011
◾ Pelaksanaan program perbaikan berkelanjutan
◾ BCP testing
◾ Mempersiapkan audit sertifikasi ISO/IEC 20000-1:2011

Berapa Nilai Investasi
Yang Diperlukan?

IDR 7.500.000/pax