Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata React Native? Ya, React Native adalah salah satu framework javascript yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Jika dahulu kita mengenal Ionic Framework React Native, maka React Native sangat berbeda dengan Ionic karena dia memang ditujukan untuk membuat aplikasi mobile yang benar-benar real native sedangkan Ionic ditujukan untuk membuat aplikasi Web App. Dengan React Native kita akan merasakan sensasi membuat aplikasi yang sangat mendekati bahkan tidak dapat dibedakan dengan dengan aplikasi native. Ini dikarena library yang tersedia dalam React Native memang ada native nya, jadi aplikasi yang kita buat langsung terintegrasi dengan aplikasi native yang sebenarnya.

Perbedaan UI dan UX antara android dan iOS sangat banyak, React Native sangat peduli akan hal tersebut dengan membuat render component yang berbeda antara iOS dan android namun ada beberapa component juga yang kita bisa gunakan bersamaan antara android dan iOS. Jadi kita bisa membuat dua buah aplikasi yaitu iOS dan android dalam waktu yang bersamaan, yang tentunya akan mengurangi cost. Kita bisa mengunakan 1 developer mobile untuk membuat sebuah aplikasi mobile dalam 2 enviroment yang berbeda yaitu iOS dan android.

Bagaimana React Native bekerja?

 

React Native bekerja dengan dengan menanamkan file Javascript yang sudah di-bundle didalam aplikasi, dan menjalankan mereka secara local dari aplikasi yang kita buat. Namun kita juga dapat meletakan file Javascript kita didalam server dan diambil ketika ada koneksi hal ini memungkin kan kita untuk melakukan update aplikasi secara cepat tanpa melalu proses submit ke Google Playstore atapun iOS Appstore. Untuk UI dan UX, React Native juga mengunakan Javascript untuk styling hampir mirip dengan CSS diweb namun dengan CamelCase.

Baca Juga:ย 8 Trend Teknologi Terbaru dan Lowongan Pekerjaannya

React Native yang dikembangkan oleh Facebook sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk mengembangkan aplikasi mobile guna mendukung proses bisnis mereka.

 

 

Sekarang, mengapa kita perlu belajar React Native?

  1. Sebagai salah satu alternatif dalam pengembangan aplikasi mobile, react native dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dalam 2 environment dalam satu kali proses development.
  2. Bahasa yang digunakan adalah javascript, dan saya rasa dalam belajar javascript tidak susah daripada kita harus belajar Java untuk pengembangan android dan Objective-C atau Swift untuk pegembangan iOS.
  3. Truly Native react native sangat mendukung modul native seperti push notifications, deep linking, native UI components dan lain lain.
  4. Dokumentasi yang ada sudah lengkap dan juga sudah banyak library-library yang kita bisa gunakan untuk pengembangan aplikasi sesuai kebutuhan kita.

Sebagai seorang developer mobile tidak ada salahnya kalau kita juga belajar React Native sebagai salah satu alternatif dalam pengembangan aplikasi mobile. Kita tidak boleh terpaku pada Native saja, karena tidak bisa kita pungkiri perkembangan Javascript dewasa ini sangat cepat. Javascript sangat mendukung disemua sisi pengembangan software, misalkan backend dengan Node JS, frontend dengan ReactJS, dan mobile dengan React native.

Perkembangan React Native sangat cepat. Oleh sebab itu, kita harus pastikan React Native yang kita pakai sama versinya dengan library atau dokumentasi yang kita gunakan saat ini.

Sekian informasi terkait React Native dari Hemera Academy ya Fams. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut, sila ulik artikel kami dan atau ikuti pelatihan React Native. Weโ€™ll guide you from the very first steps.

https://medium.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu