BLOG

Pengertian Artificial Intelligence (AI) / Kecerdasan Buatan Terlengkap

Kecerdasan buatan atau yang dalam bahasa inggris adalah Artificial Intelligence (AI) merupakan sebuah istilah yang mungkin mengingatkan kalian pada tokoh Optimus Prime dalam Film Transformers. Dimana dalam film tersebut Optimus digambarkan sebagai tokoh yang robot yang memiliki kecerdasan sendiri.

Kecerdasan buatan memang sering dikaitkan dengan kemampuan robot yang bisa berprilaku layaknya manusia. Kecerdasan Buatan sebenarnya memiliki beberapa definisi, definisi ini diungkapkan oleh para ahli supaya orang-orang dapat menggambarkan mengenai kecerdasan buatan, berikut ini beberapa definisi kecerdasan buatan menurut para ahli:

Kecerdasan buatan adalah sebuah kawasan intruksi, penelitian Ā dan aplikasi yang berkaitan dengan pemrograman system komputer untuk bisa melakukan sesuatu yang jika dilihat dari sudut pandang manusia bisa dibilang cerdasĀ (H. A. Simon [1987]).

Kecerdasan buatan (AI) adalah sebuah cabang dari ilmu computer yang dalam menampilkan pengetahuannya lebih banyak menggunakan symbol-symbol dari pada menggunakan bilangan, dan memproses informasi dengan menggunakan metode heuristic atau dengan sejumlah aturanĀ (Encyclopedia Britannica).

Kecerdasan buatan (AI) adalah sebuah pembelajaran tentang bagaimana cara untuk agar computer dapat melakukan hal-hal yang sekarang ini bisa dilakukan lebih baik oleh para manusiaĀ (Rich and Knight [1991]).

 

Baca Juga :Ā Bagaimana Tahapan dan Metodelogi Pengembangan SDLC?

Pengertian Artificial Intelligence (AI) / Kecerdasan Buatan Penjelasan Terlengkap

#1. Sejarah Kecerdasan Buatan

Berbagai literature tentang kecerdasan buatan menyebutkan bahwasanya ide tentang Artificial Intelegent (AI) ini pertama kali hadir pada awal abad ke 17 saat Rene Descartes mengatakan bahwasannya tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya sebuah mesin yang rumit. Setelah itu pada tahun 1642, Blaise Pascal untuk pertama kalinya membuat sebuah mesin penghitung digital mekanis. Kemudian pada abad ke 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada sebuah mesin penghitung mekanis yang bisa deprogram.

Tidak sampai disini saja, berkembangan ini semakin berlanjut. Bertrand Russel dan Alfred North Whitetead menerbitkan sebuah Principa Mathematica, yang bisa merombak logika formal. Selain itu pada sekitar tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts juga menerbitkan ā€Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitasā€ yang meletakan dasar sebagai awal mula dari system jaringan syaraf.

Tahun 1950-an merupakan periode yang aktif dalamĀ  AI. Pertamakali program AI pertama kali bekerja pada tahun 1951 yang digunakan untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I yang ada di University of Manchester (UK). Sebuah program permainan naskah yang yang ditulis Christopher Strachey dan program permainan catur yang dibuat Dietrich Prinz. Istilah ā€œKecerdasan Buatanā€ dibuat oleh John McCarthy pada konfersi pertama yang diadakan pada tahun 1956, selain itu John McCarthy juga menemukan sebuah bahasa pemrograman Lisp. Alan Turig juga memperkenalkan system yang bernama ā€œTuring Test, system ini digunakan untuk Ā menjalankan test perilaku yang cerdas. Joseph Weizenbaum membuat ELIZA, ELIZA merupakan sebuah chatterbot yang menerapkan system psikoterapi rogerian.

Pada tahun 1960-an dan pada tahun 1970-an, Joel Moses mendemostrasikan kekuatan dari pertimbangan simbolis untuk menggabungkan masalah di dalam Mascyma, Mascyma merupakan sebuah program yang matematika yang sukses untuk pertama kalinya. Symour Papert dan Marvin Minsky menerbitkan Perceptons, perceptons ini dapat mendemostrasikan batas dari jaringan syaraf yang sederhana dan tahun ini juga Alain Colmerauer mengembangankan sebuah bahasa computer yang disebut dengan Prolog. Ted Shortliffe mendemostrasikan kekuatan system yang berbasis aturan untuk representasi inferensi dan pengetahuan dalam terapi dan diagnose yang dipercaya sebagai system dari pakar utama. Hans Moravec membuat sebuah kendaraan komputer terkontrol peratama yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jalan yang mempunyai rintangan dengan sendirinya.

#2. Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan

Dalam perkembangan dari kecerdasan buatan, AI dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), disini user dapat melakukan komunikasi dengan computer dengan menggunakan bahasa sehari-hari, misalnya dengan menggunakan bahasa inggris, indonesia, dan bahasa yang lain.
  • Pengenalan Ucapan (Spech Recongnition), manusa bisa berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
  • Intelegent Computer-Aided Intruction, computer bisa digunakan sebagai tutori yang bisa melatih dan mengajarkan sesuatu.
  • Sistem Pakar (Expert System), computer berfungsi sebagai tempat untuk menyimpa pengetahuan dari para pakar sehingga computer dapat memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pengetahuan dari pakar tersebut.
  • Rebotikan & Sistem Sensor.
  • Computer Vision, untuk menginterpresentasikan objek dan gambar melalui computer.
  • Soft Computing.
  • Game Playing.

Soft Computing adalah sebuah pembaharuan dalam bidang pembangunan sistem yang cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian sama halnya manusia dalam bidang tertentu, kemudian mampu belajar dan beradaptasi supaya dapat bekerja dengan lebih baik apabila ada perubahan tertentu yang terjadi pada lingkungan. Selain itu Soft Computing dapat mengeksploitasi akan adanya toleransi terhadap ketidakpastian, ketidaktepatan, kebenaran parsial untuk dapat dikendalikan serta diselesaikan dengan mudah akan sesuai dengan kenyataan (Prof. Lotfi A Zaedah, 1992).

Metodologi-metodologi yang digunakan dalam softĀ  computing adalah :

  • Jaringan Syaraf Tiruan / Neurall Network (menggunakan pembelajaran.
  • Fuzzy Logic / Logika Fuzzy (mengkomodasi ketidaktepatan).
  • Evolutionary Computing / Algoritam Genetikan (optimasi).
  • Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidak pastina)/

Demikianlah ulasan singkat mengenaiĀ pengertian artificial intelegent / kecerdasan buatan. artificial intelegent kini memang sudah tidak asing lagi, karena sekarang sudah banyak computer yang menggunakan kecerdasan buatan. Oleh karena itu kalian harus mengetahui apa itu kecerdasan buatan atau AI. Semoga bermanfaat.

Source :Ā www.mastekno.com

Klik gambar untuk info pelatihan

Rate this post
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.