Akhir-akhir ini, teknologi VR mulai digandrungi oleh banyak orang. Dengan adanya VR, setiap orang bisa merasakan pengalaman seperti nyata berada di dalam realitas maya. Yap, pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dengan proyeksi 3D yang digarap oleh komputer yang membuat seolah-olah pengguna berada di dalam lokasi tersebut. Menarik bukan?

Umumnya, teknologi ini banyak digunakan untuk bermain game atau menonton film. Salah satunya, beberapa waktu lalu Marvel menggunakan teknologi VR untuk promo film Avengers di bioskop-bioskop terkemuka. Nyatanya, teknologi ini memiliki banyak manfaat lain yang mampu membuat kehidupan menjadi nyata. Beberapa perusahaan mencoba mengembangkan teknologi VR yang bisa mempermudah dan membantu kehidupan manusia.

Manfaat Virtual Reality

Berikut beberapa manfaat dari adanya Virtual Reality :

  1. Kebutuhan medis
    Jika sebelumnya agak sulit mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien, teknologi mampu membuat ahli medis professional untuk melakukan hal yang sulit sekalipun. Diantaranya, perusahaan medis menerapkan pelatihan medis bagi dokter, yang memungkinkan mereka bisa melihat ke dalam tubuh manusia dengan simulasi yang realistis. Hal ini pun mampu meningkatkan kualitas keperawatan yang dulu sulit dilakukan.
  2. Sebagai Hiburan untuk Mengurangi Stres dan Penat
    Tak perlu diragukan, bermain game tentu bisa jadi hiburan tersendiri, terlebih jika permainan tersebut terasa nyata seperti game VR. Hal itu tidak hanya bisa menghilangkan penat kamu, tapi juga dapat mengurangi stres.Sebagai alat relaksasi, kamu bisa mencoba game VR yang misalnya bermain dengan realisme buatan mengenai pantai atau padang rumput. Bermain VR dengan bertanding tenis pun patut kamu coba karena dengan permainan ini badan kamu refleks untuk bergerak yang tentunya akan memperlancar peredaran darah seperti saat berolahraga.
  1. Latihan Militer
    Daripada harus benar-benar saling tembak-menembak dengan senjata beneran, teknologi VR juga berfungsi untuk simulasi militer. Seperti pergelaran yang baru-baru ini sedang berlangsung, bertajuk The Virtual Training and Simulation Summit di Amerika Serikat. Di sini, kalian bisa berlatih menembak, melakukan strategi, menjinakkan bom, hingga berbagai hal lain seputar militer.
  1. Dunia Pendidikan
    Fungsi VR juga membantu dunia pendidikan. Dengan teknologi, memungkinkan pelajar dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda ketimbang belajar di kelas. Seperti sebuah situs Immersive VR Education yang menghadirkan beragam tutorial yang bisa langsung dipraktikkan oleh pelajar menggunakan VR.
  2. Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)
    Latihan menerbangkan pesawat tentu saja akan membuat kita harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun, dengan adanya perangkat VR ini maka seseorang yang akan melakukan latihan menerbangkan pesawat tak lagi harus mengeluarkan biaya besar untuk sewa pesawat dan bahan bakarnya. Sebab, dengan VR kamu bisa mendapatkan pengalaman menerbangkan pesawat yang sangat nyata dan nyaris mendekati kenyataan. Dengan penggunaan VR untuk latihan penerbangan ini kamu juga akan terhindar dari hal-hal yang mengkhawatirkan dalam penerbangan.
  3. Bidang Ekonomi (Promosi Barang Pajangan/Display)
    Terakhir, kegunaan dan manfaat dari VR adalah untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satu toko yang telah menerapkan cara ini adalah toko Selfridges di jalan Oxford, London. Dengan VR yang dimilikinya, pengunjung yang datang bisa mencoba beberapa produk yang dijual oleh toko dengan lebih nyata.Seperti produk jam tangan virtual 3D yang bisa dicoba dengan berdiri di depan layar. Saat itu kamera akan merekam penampilan dan gerakan calon pembeli. Calon pembeli pun bisa memilih dan mencoba dan merasakan sensasi menggunakan jam tangan virtual yang dijual.Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tak sulit untuk menemukan tempat bermain VR yang seru. Pasalnya, kamu bisa bermain VR di CoHive x Sandbox VR. Di sini, kamu akan merasakan pengalaman melawan zombie pada game Deadwood Mansion, melawan perompak tengkorak pada Curse of Davy Jones, ataupun menaklukan musuh dari ketinggian pada game Amber Sky 2088.

Di Indonesia, permainan ini pertama kali hadir sejak Februari 2019 lalu di Street Gallery lantai 2 Pondok Indah Mall 2. Tertarik mencoba VR di Sandbox? Yuk pesan tiketnya sekarang juga dan rasakan keseruannya.

Sumber: bbc.com

 

Baca Juga :

Mengenal Lebih Dalam Teknologi Virtual Reality

8 Trend Teknologi Terbaru dan Lowongan Pekerjaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu