Jaringan Susah? Mikrotik-in Aja!

jaringan susah

Mikrotik ?

Kebutuhan akan akses internet pada zaman sekarang ini sangatlah tinggi. Baik akses internet untuk mencari informasi terbaru, maupun akses internet untuk mencari hiburan dan trending youtube terbaru. Kita lihat saja di sepanjang jalanan Ibukota Negara atau Ibukota Propinsi bahkan sampai ke desa-desa banyak cafe yang memberikan layanan internet gratis (free wifi) sebagai sebuah service atau trick untuk menarik pelanggannya. Namun sayangnya, dalam akses hotspot cafe terdapat berbagai macam kondisi pengguna yang dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan antara lain yang berkaitan dengan management bandwidth dan network management tools.

Baca juga :

4 Jenis Iklan Google Ads

Apa itu Microsoft Project?

Solusi Mengatasi Permasalahan

Dengan permasalahan yang terjadi diatas, maka muncul sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan MIKROTIK sebagai router. Dalam hal ini adalah pemanfaatan mikrotik sebagai hotspot server. Sebelum lebih jauh membahas tentang mikrotik, maka terlebih dahulu ada baiknya kita mengenal apa itu mikrotik dan bagaimana cara kerjanya secara singkat. Mikrotik adalah sistem operasi independen berbasiskan Linux khusus untuk komputer yang difungsikan sebagai router, yang dapat dijadikan sebagai gateway network yang handal, mencakup berbagi fitur lengkap untuk network dan wireless, serta tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

mikrotik

Mikrotik lebih mudah dalam pengoperasiannya bila dibandingkan dengan router jenis lain, karena salah satu paket yang terdapat di dalam mikrotik adalah bandwidth management dan user management. Hal tersebut dilakukan supaya semua pengguna internet bisa melakukan akses ke internet dan bisa merasa nyaman dalam menggunakan internet. Nyaman dalam hal ini adalah lancar dalam penggunaan layanan internet. Dalam hal penginstalasian, mikrotik tidak membutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik juga didesain sesimpel mungkin agar lebih mudah digunakan dan merupakan salah satu perangkat lunak yang paling ringan.

 

Fitur Apa Saja yang Ada di Mikrotik ?

Mikrotik memiliki beberapa fitur yang sangat memudahkan seorang admin jaringan dalam manajemen sebuah jaringan komputer seperti : Firewall dan NAT, Routing, Hotspot, Web Proxy, DCHP, dan masih banyak lainnya. Mikrotik dapat memudahkan administrator dalam melakukan pengaturan bandwidth. Seorang network administrator yang baik adalah seseorang yang mampu membuat dirinya nyaman saat memelihara kestabilan koneksi atau jaringan pada lingkungan kerjanya. Sebesar apapun bandwidth yang dimiliki perusahaan, akan sia-sia jika pengelolaannya tidak baik.

mikrotik

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana mengelola sebuah bandwidth agar tercipta kenyamanan koneksi bersama ? Keluhan dan complain akan tertangani dengan sendirinya ketika kita memutuskan untuk menggunakan fitur โ€œBurst Limit Mikrotikโ€. Burst limit biasa difungsikan bersamaan dengan max limit, burst threshold dan burst time. Pengertian dari burst limit sendiri adalah batasan maksimal bandwidth yang dapat dikonsumsi dalam waktu yang singkat yang ditentukan dengan burst-time. Diharapkan dengan melakukan pengaturan dan pembagian bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan, dapat mengoptimalkan ketersediaan bandwidth internet yang ada.

Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan personal computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas control dan fleksibelitas untuk berbagai jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Routing adalah suatu protocol yang digunakan untuk mendapatkan rute atau petunjuk dari satu jaringan ke jaringan lain. Routing merupakan proses dimana suatu router akan memilih jalur atau rute untuk mengirimkan atau meneruskan suatu paket jaringan yang dituju.

macam macam mikotik

Ada beberapa mikrotik yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mikrotik Router OS

Mikrotik Router OS merupakan system operasi jaringan yang banyak digunakan oleh Internet Service Provides (ISP) untuk keperluan firewall atau router yang handal yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun jaringan wireless. Mikrotik Router OS merupakan operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. System operasi ini sangat ringan dan hanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang rendah untuk bisa menjalankannya dimana instalasi dapat dilakukan pada Komputer Standar (PC Standard).

  1. Router Board

Router Board ialah sebuah perangkat keras jaringan computer yang dikembangkan oleh mikrotik yang di dalamnya terisntall system operasi mikrotik Router OS. Router Board seperti halnya computer tetapi Router Board memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis. Di dalam router board juga terdapat processor, RAM, ROM, dan memori flash. Pada router board juga tersedia mulai low-end sampai dengan hight-end Roter, product dari mikrotik router board yang paling sering kita jumpai dipasaran ialah Mikrotik RB750.

Dengan mempelajari mikrotik lebih lanjut, maka kita akan lebih paham tentang manfaat dan kegunaan mikrotik secara keseluruhan serta dapat memanfaatkannya dengan maksimal. Diantaranya fungsi mikrotik yang dapat memaksimalkan kita dalam penggunaan internet adalah untuk mengatur koneksi internet dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya, sebagai Internet Gateaway bagi LAN (Local Area Network), sebagai access point, dan sebagai routing.

mikrotik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu