Kenali Manfaat Cloud Computing Dalam Bisnis

Dewasa ini, istilah “Cloud Computing” mungkin jarang terdengar bagi beberapa orang yang kurang di pengetahuan tentang teknologi, terutama yang fokus bergelut di dunia bisnis. Sehingga muncul pertanyaan, apa itu Cloud Computing? Istilah Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet.

Manfaat Cloud Computing

Pada teknologi komputasi berbasis cloud semua data berada dan disimpan di server Internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun perangkat lunak yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Lalu seperti yang telah kita singgung di atas, apa Manfaat Cloud Computing dalam bisnis?

Sebenarnya, kebutuhan pebisnis untuk berinvestasi dalamย cloud software dapat mendorong usaha menjadi lebih baik dan bahkan bisa berkembang pesat. Dalam tulisan yang dilansir dari cloudhostingindonesia.com, dunia bisnis telah menyadari bagaimana Cloud Computing sangatlah penting untuk diterapkan kepada lingkungan pekerjaan pada masa kini.

Baca juga :ย 

CCNA dan Manfaat Sertifikasi CCNA

Fakta Kekuatan Bisnis Online di Indonesia

Bahkan pada sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh sebuah perusahaan KPMG kepada 500 eksekutifnya, dan didapatkan bahwa 42% dari mereka berpendapat bahwa cara kerja yang fleksibel adalah faktor utama mengapa Cloud Computing dilakukan. Bahkan dalam hasil survei sendiri menyebutkan bahwa 54% dari eksekutif tersebut mengharapkan Cloud Computing dapat meningkatkan produktivitas serta kepuasan dari karyawan mereka. Sehingga para pemain bisnis tidak lah boleh buta teknologi zaman sekarang, apalagi terhadap cloud computing yang sangat berpotensi besar untuk mendongkrak industri bisnis dengan sampai skala international. Jadi bisa dikatakan ada tiga manfaat utama dari penggunaan Cloud Computing dalam bisnis di sebuah perusahaan adalah meningkatkan kinerja bisnis (73%), pengurangan biaya (73%), dan peningkatan otomasi layanan (72%).

Sekarang kita akan membahas kelebihan penggunaan Cloud server dari pada Cloud secara umum. Perlu kamu ketahui, cloud server menggunakan beberpa server yang dihubungkan bersama dalam satu cluster yang dibackup dengan SAN storage. Pengguna jasa dapat memilih platform cloud yang akan mendapat banyak manfaat dari beberapa server seperti akan mendapatkan kapasitas storage unlimited, bandwidth maksimum, managed load balancing dan tidak ada ikatan dengan hardware tertentu.

Penulis menyimpulkan ada beberapa keuntungan kita dalam menggunakan Cloud Server, yakni; Penggunakan dapat menambah dan bahkan dapat mengurangi sumber daya komputasi yang ingin digunakan pada servernya sesuai dengan kebutuhan. Kemudian klien dapat menambahkan arsitektur jaringan custom seperti firewall, load balancing dan IP deployment. Setelah itu, jika server fisik mengalami kegagalan, cloud server secara otomatis akan memindahkan ke server fisik lainnya tanpa mengalami down.

Sehingga pengguna jasa tidak perlu khawatir dengan lagging karena RAM atau CPU, meski cloud server pelanggan lain semakin berkembang tidak akan mempengaruhi kinerja server kita. Karena kita secara virtual memiliki server sendiri tidak berbagi server. Jika ada klien pada cloud server yang sama terkena malware atau di-hacked, server kita akan aman-aman saja karena benar-benar terpisah.

Disamping itu, setiap pelanggan pada cloud dapat memilih sistem operasi yang diinginkan. Hal tersebut disebabkan kapasitas storage unlimited karena berbasis SAN storage, kita dapat selalu meningkatkan kapasitas storage sesuai dengan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu