Lead Auditor ISO/IEC 20001
Overview
ISO 20000 adalah sebuah standar yang diterbitkan oleh Organisasi Standar Internasional (ISO) yang berisi persyaratan untuk sistem manajemen layanan. Pada awalnya, standar ISO 20000 mendefinisikan persyaratan hanya untuk Organisasi Penyedia Layanan TI, namun sejak versi 2011, standar ini dapat diimplementasikan untuk seluruh organisasi penyedia layanan (service providen). Agar dapat memantau implementasi sistem manajemen layanan dengan baik diperlukan suatu kegiatan audit yang baik dan sistematis, sehingga siklus Plan-Do-Check• Action dapat termonitor dengan baik dan organisasi mendapatkan benefit yang optimal dari penerapan sistem ini.
Tujuan Program







Who Needs This?







Management Representative







Management Representative







Management Representative







Management Representative







Management Representative
What You Learn?
Pengenalan terhadap konsep Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2011.
◾ Prinsip dasar manajemen sistem layanan.
◾ Pengenalan tentang standar ISO 20000 dan variannya beserta perbandingannya dengan ITIL v2 dan v3.
◾ Analisa awal dan tingkat kematangan penerapan SMS saat ini.
◾ Menyusun kasus bisnis dan rencana proyek untuk pelaksanaan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Merencanakan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2011.
Definisi ruang lingkup Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Definisi sasaran dan kebijakan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Dokumentasi proses dan prosedur
◾ Manajemen Tingkat Layanan (Service Level Management)
◾ Penganggaran dan perhitungan keuangan layanan TI
◾ Implementasi Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management) berbasis ISO/IEC 20000-1:2011
Desain dan transisi atas layanan baru dan/atau perubahan major (DTNCS)
◾ Pengelolaan kelangsungan layanan TI dan keamanan informasi
◾ Pengelolaan Kapasitas dan ketersediaan layanan TI
◾ Pengelolaan Hubungan bisnis dan pemasok
◾ Pengelolaan insiden dan problem
◾ Pengelolaan Perubahan
◾ Pengelolaan konfigurasi dan rilis
◾ Mengontrol, memonitor, mengukur dan meningkatkan Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management); audit sertifikasi dari ITSM
Mengontrol dan memonitor Sistem Manajemen Layanan TI (IT Service Management)
◾ Membangun tolak ukur, indikator kinerja dan dashboard.
◾ Audit internal berbasis ISO/IEC 20000-1:2011
◾ Tinjauan manajemen berbasis ISO/IEC 20000-1:2011
◾ Pelaksanaan program perbaikan berkelanjutan
◾ BCP testing
◾ Mempersiapkan audit sertifikasi ISO/IEC 20000-1:2011