Ada banyak manfaat dari penerapan sistem Enterprise Resource Planning dalam sebuah organisasi. Ini membantu untuk merampingkan aliran data antara berbagai departemen dalam organisasi dan meningkatkan profitabilitas. software ERP mencakup semua kebutuhan bisnis dan meningkatkan efisiensi. Masalah utama adalah bahwa implementasi ERP adalah mahal dan membutuhkan investasi yang besar dan kuat. Hal ini juga melibatkan resiko yang tinggi dalam proses.

Oleh karena itu solusi ERP terutama digunakan oleh organisasi besar yang mampu meminimalisir resiko investasi. Sekarang tren baru-baru ini dari Open Source ERP untuk UKM. Ini merupakan alternatif untuk Usaha Kecil dan Menengah untuk menerapkan sistem Enterprise Resource Planning. Open Source adalah solusi sempurna untuk UKM yang tidak mampu solusi ERP tradisional. Open Source ERP menawarkan banyak manfaat atas ERP tradisional dan memberikan banyak fungsi. Sangat mudah untuk menerapkan dan memerlukan sedikit waktu untuk implementasi.Berbagai alasan mengapa Open Source ERP untuk UKM semakin populer adalah sebagai berikut:

1. Biaya: Biayanya kurang karena tidak memerlukan pembayaran biaya lisensi yang besar dan kuat. Hal ini dapat didownload dari internet dan tidak memerlukan investasi besar. Hal ini membuat didekati oleh usaha kecil dan menengah. Perangkat lunak ini dapat didownload, diinstal dan digunakan secara gratis.

2. Mudah: Open source ERP untuk UKM mudah untuk memahami dan belajar. Hal ini didokumentasikan dengan sangat baik memberikan wawasan seperti apa sistem ERP lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.

3. Waktu Pelaksanaan: Sangat mudah untuk menerapkan dan membutuhkan waktu yang lebih kecil untuk melaksanakan daripada ERP tradisional untuk organisasi besar.

4. Ketergantungan Bawah: Kode sumber dari software ini juga tersedia karena modifikasi dan perubahan mudah untuk membuat dengan programmer. Orang tidak harus bergantung pada vendor untuk membuat modifikasi yang diperlukan. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus bergantung pada vendor untuk setiap masalah kecil. Ini dengan demikian mengurangi kemungkinan bentrokan dengan vendor juga.

ERP telah digunakan oleh perusahaan besar sebelumnya dan sekarang Open Source ERP untuk UKM adalah mendapatkan popularitas. Ada keuntungan yang cukup besar dalam menggunakan Sumber Enterprise Resource Planning Terbuka karena biaya dan keuntungan lain. Konsep ini membantu dalam mengurangi teknis dengan menyediakan solusi berbasis kebutuhan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menginstal beberapa fungsi yang diperlukan yang diperlukan. Satu dapat memilih aplikasi yang dibutuhkan setiap hari.

Dalam pendekatan tradisional, kita harus menginstal semua fungsi apakah diperlukan atau tidak. Tidak menawarkan pilihan seperti di Open Source untuk UKM. Organisasi-organisasi yang lebih besar harus menyimpan proses tambahan dan fungsi menganggur, keterbatasan ini tidak dalam open source. Oleh karena itu telah membuat operasi lebih mudah untuk usaha kecil dan menengah. Konsep ini telah berhasil dan telah ada sangat kurang kegagalan.

sumber: kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu