Kemajuan teknologi yang kian canggih membuat ancaman ancaman cyber semakin berpotensi terjadi. Menurut Kaspersky sebagai sebuah perusahaan keamanan cyber, ada sekitar 11 juta percobaan serangan cyber pada kuartal pertama tahun 2022 ini.

Hal ini terjadi karena banyaknya masyarakat yang berselancar di internet dan mudah percaya pada hal-hal yang belum jelas. Salah satu ancaman cyber yang marak terjadi belakang adalah lewat email dan pesan teks. Cara ini biasanya korban diminta mengklik tautan yang dikirim melalui email atau pesan teks. Ancaman ini biasa disebut phishing.

Ancaman yang berbahaya ini tentu bisa diantisipasi dengan menggunakan cyber securityCyber security adalah suatu upaya atau tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari serangan dan akses ilegal.

Konsep dari cyber security yang dikenal sebagai CIA Triad mengacu pada penerapan dalam memastikan kerahasiaan (Confidentiality), integritas (Integrity), dan ketersediaan (Availability) sistem atau informasi. Dari konsep CIA Triad ini Anda bisa mengetahui bagaimana peran cyber security bekerja bagi para pengguna internet.

Upaya Mengatasi Ancaman Cyber Lewat Penerapan Cyber Security

Cyber

Pada kasus serangan lewat phishing, banyak orang tertipu karena langsung mengklik tautan yang ada di pesan tersebut. Biasanya tautan itu digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data atau informasi pribadi para pengguna internet.

Phishing juga bisa berbentuk tautan untuk mengunduh software tertentu, yang mana sebenarnya itu adalah malware. Malware atau Malicious Software digunakan juga untuk mengumpulkan data atau menyebabkan kerusakan pada komputer pengguna yang menyamar sebagai perangkat lunak yang legal.

Oleh karena itu, penerapan cyber security bisa digunakan untuk melindungi data diri Anda maupun data konsumen. Pada umumnya upaya penerapan cyber security dikenal dengan tiga jenis, yakni cloud security, network security, dan information security.

  1. Cloud Security

Cloud security adalah untuk melindungi data diri atau perusahaan yang tersimpan di cloud. Ancaman cloud security yang banyak ditemui adalah penyalahgunaan serta pencurian data, dan pembajakan traffic. Pada upaya ini sangat penting untuk memastikan keamanan data, yang biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan firewall, VPN hingga enkripsi data.

  1. Network Security

Network security adalah upaya melindungi jaringan internal dengan meningkatkan sistem keamanan network atau jaringan. Keamanan jaringan tentu sangat penting dilakukan mengingat traffic data terjadi setiap hari melalui network.

Upaya network security juga berguna untuk melindungi aset Anda dari ancaman cyber crime, yang umumnya digunakan dalam praktik network security yaitu penggunaan antivirus dan firewall, atau menggunakan two factor authentication.

  1. Information Security

Cyber

Information security upaya melindungi informasi data pribadi dengan mencegah akses ilegal, penggunaan atau modifikasi, serta penghancuran informasi yang tidak sah. Ancaman ini biasanya banyak dijumpai bagi pengguna mobile banking atau aplikasi yang membutuhkan data diri untuk mengaksesnya. Maka upaya pencegahan dilakukan dengan autentikasi, atau logging, dan enkripsi data.

Untuk mencegah kehilangan data secara permanen, Anda bisa menggunakan solusi backup seperti Veeam untuk melakukan backup data. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memulihkan kembali data yang hilang atau rusak apabila terkena ancaman cyber. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cloud storage untuk menyimpan data sensitif pribadi maupun konsumen.

Dukung Perlindungan Maksimal Layanan Cloud Computing dengan Cloud Security Horangi Warden

Pemanfaatan teknologi cloud computing atau komputasi awan untuk mendukung proses operasional industri di berbagai bidang semakin banyak dipakai. Cloud computing disebut mendukung proses operasional yang lebih cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan industri. Namun, cloud juga memiliki ancaman cyber security yang mengintai.

Sebagai upaya untuk dapat melindungi perangkat cloud computing yang digunakan industri, Horangi Cyber Security kemudian memperkenalkan solusi cloud security bernama Horangi Warden. Perangkat dari Horangi Warden sendiri hadir untuk dapat membantu pelaku industri memenuhi persyaratan beroperasi dengan mudah, seperti regulasi.

Warden merupakan all-in-one cloud security tools, dengan tujuan utama untuk mendukung pelaku industri dapat mengidentifikasi, memprioritaskan, dan memperbaiki kesalahan, miskonfigurasi, ataupun kesalahan-kesalahan yang ada di lingkungan cloud anda.

Horangi Warden mendukung upaya proteksi cloud berfokus pada perlindungan mendasar dengan modul CSPM (Cloud Security Posture Management) dan CIEM (Cloud Infrastructure Entitlements Management), serta modul deteksi ancaman siber sebagai bagian paling penting dalam proteksi cloud.

Modul pertama yang dihadirkan oleh Horangi Warden adalah CSPM, sebagai fondasi paling dasar untuk melakukan perlindungan terhadap cloud. CSPM hadir untuk secara otomatis melakukan pengecekan cloud jika ada kesalahan dalam konfigurasi. Pengawasan dan scanning ini pun dilakukan secara terus menerus.

Modul kedua yang dihadirkan melalui Horangi Warden adalah CIEM, yang berhubungan dengan bagaimana identitas memiliki kaitan penting dalam layanan cloud. Theo menjelaskan, bahwa CIEM berperan seperti penyimpanan aset dan resources, disertai dengan informasi identitas terkait, dan aset apa saja dalam cloud yang bisa diakses oleh identitas terdaftar.

Baca juga:

CIEM membantu pelaku industri untuk melihat akses yang dimiliki oleh satu identitas di cloud, menjadikan pelaku industri dapat mengelola aset yang dapat diakses, melihat mana aset yang banyak dan paling sedikit diakses. Hal ini penting untuk perusahaan maupun pelaku industri memberikan akses sesedikit mungkin untuk identitas di cloud, menjaga keamanan aset.

Jadi misalkan perusahaan terkena phishing atau sejenisnya, kerusakan yang terjadi bisa jadi lebih sedikit dan dapat dikontrol. Access review ini juga sering menjadi salah satu bagian dari compliance yang harus diikuti seperti regulasi misalnya.

Modul terakhir berkaitan dengan deteksi jika serangan terjadi terhadap layanan cloud. Horangi Warden secara spesifik memberikan kebutuhan pengamanan cloud di Asia Tenggara, menyesuaikan kebutuhan cyber security dengan pelaku industri yang ada di Asia.

Horangi Warden pun terus berfokus untuk hadir sebagai all-in-one platform yang dapat menghadirkan proteksi terbaik bagi layanan cloud milik pelaku industri. Perlindungan yang dihadirkan pun terus dikembangkan untuk kemudian dapat memenuhi kebutuhan cloud yang aman, dengan proses implementasi yang mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu