Google tak bisa dipungkiri lagi merupakan mesin pencarian terbaik yang ada saat ini. Memandaatkan algoritma yang kuat dan cerdas termasuk penerapan A.I. di dalamnya memungkinkan users mendapatkan hasil pencarian terbaik dengan pengalaman yang personal.

Ini terdengar baik sampai tiba saatnya kamu hidup dalam gelembung filter. Saat segala hal menjadi sesuai dengan selera pribadimu. Namun nyatanya, kamu justru berjarak dari realita. Well, segala hal yang terlalu banyak memang tidak baik, Pun dengan personalisasi.

Itu lah kenapa seseorang harus keluar dari gelembung filter dan melihat dunia apa adanya. Tapi bagamana caranya ya?

Kita semua sama tahu dan yakin bahwa google melacak banyak informasi saat kita mengunakan layanannya. Mulai dari apa yang kamu cari di mesin pencari, apa yang kamu click, email dalam Gmail, events, lokasi dan masih banyak lagi.

Ya, Google melacakmu, dan cara agar ia berhenti memata-mataimu adalah sesederhana tidak menggunakannya. Namun apa yang akan kamu gunakan untuk menganti Google, Bing milik Microsoft sama tidak sucinya.

Jadi, untuk menyelesaikan masalah netizen yang mulai peduli dengan privasinya saat menggunakan mesin pencari, Hemera akademi telah mengurasi mesin pencari alternatif dari Google.

 

Mesin Pencari yang Peka Privasi berdasarkan Google.

Untuk dipahami, alternatif dalam artikel ini tidak tentu lebih baik dibandingkan Google, namun memang berfokus pada privasi pengguna. Ini dia daftarnya!

  1. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang paling sukses terkait privasi. User experience yang ditawarkan DuckDuckGo patut dipuji. Ini unik dan berbeda.

DuckDuckGo, menggunakan metode tradisional “tautan sponsor” untuk menampilkan iklan. Iklan tidak terfokus pada kamu secara personal tetapi, berdasarkan topik pencarian. Sehingga tidak ada yang dapat mengeluarkan hasil personamu dengan cara apa pun. Dengan demikian DuckDuckGo menghormati privasimu.

Tentu saja, algoritma pencarian DuckDuckGo bukan yang paling cerdas (well, mereka bahkan karena tidak tahu kamu siapa!). Dan, jika kamu ingin memanfaatkan salah satu mesin pencari alternatif peduli privasi terbaik untuk Google, kamu harus melupakan personalisasi pengalaman dalam mencari sesuatu.

Hasil pencarian disederhanakan dengan meta data tertentu, yang memungkinkanmu memilih negara untuk mendapatkan hasil paling relevan. Ketika kamu mengetik pertanyaan atau mencari perbaikan, DuckDuckGo mungkin memberimu jawaban instan.

Meskipun, kamu mungkin kehilangan beberapa fungsi – itu adalah pertukaran yang dibutuhkan untuk melindungi privasimu.

  1. Qwant

Qwant mungkin salah satu mesin pencari peduli privasi yang paling disukai setelah DuckDuckGo. Qwant memastikan netralitas, privasi, dan kebebasan digital saat kamu mencari sesuatu di Internet.

Jika kamu berpikir mesin pencari peduli privasi umumnya cenderung menawarkan pengalaman pengguna yang sangat kasual, kamu pasti akan berpikir lagi setelah mencoba Qwant. Ini adalah mesin pencari yang sangat dinamis dengan topik trending dan berita yang dibuat dengan sangat baik.

Qwant adalah alternatif mesin pencari yang sangat berguna dibandingkan Google. Itu mencantumkan semua sumber daya web, umpan sosial, berita, dan gambar pada topik yang Anda cari.

  1. Startpage

Startpage adalah inisiatif yang baik sebagai alternatif mesin pencari peka privasi lainnya. Namun, bukan yang terbaik. Startpage memiliki UI yang sangat mirip dengan Google (saat menampilkan hasil pencarian – terlepas dari fungsi yang ditawarkan).

Untuk melindngi privasimu, kamu bisa memilih ini. Kamu bisa mengunjungi webnya baik dengan atau pun tanpa proxy. Semua berdasarkan pilihanmu. Kamu juga bisa mengganti tema dalam mesin pencarian ini. Ada opsi menarik pula dimana kamu bisa membuat URL dengan pengaturan yang tetap utuh.

  1. Privatelee

The search engine isnโ€™t perfect to find a hidden treasure on the Internet but more for general queries. Privatelee also supports power commands โ€“ more like shortcuts โ€“ which helps you search for the exact thing in an efficient manner. It will save a lot of your time for pretty simple tasks such as searching for a movie on Netflix. If you were looking for a super fast privacy oriented search engine for common queries, Privatelee would be a great alternative to Google.

Privatelee adalah jenis mesin pencari lain yang dirancang khusus untuk melindungi privasi online mu. Ia tidak melacak hasil pencarian atau perilaku dengan cara apa pun. Namun, kamu mungkin mendapatkan banyak hasil yang tidak relevan setelah sepuluh hasil pertama.

Mesin pencari ini tidak sempurna untuk menemukan harta karun tersembunyi. Privatelee juga mendukung perintah power – pintasan – yang membantumu mencari hal yang tepat secara efisien. Ini akan menghemat banyak waktu untuk tugas-tugas yang cukup sederhana seperti mencari film di Netflix. Jika messin pencari peka privasi super cepat untuk pertanyaan umum adalah hal yang kamu cari, Privatelee akan menjadi alternatif yang bagus untuk Google.

  1. Swisscows

Well, meskipun Namanya Swisscows, ini bukan merupakan situs portofolio peternakan sapi perah. Namun, mesin pencari peka privasi alternatif untuk Google. Kamu mungkin tahu tentang itu sebagai Hulbee – tetapi baru-baru ini mereka mengalihkan operasinya ke domain baru. Tidak ada yang benar-benar berubah kecuali untuk nama dan domain mesin pencari. Ini bekerja dengan cara yang sama seperti sebelumnya sebagai Hulbee.com.

Swisscow memanfaatkan Bing untuk mengirimkan hasil pencarian sesuai permintaanmu. Saat Kamu ย mencari sesuatu, kamu akan melihat tag cloud di bilah sisi kiri yang berguna jika perlu tahu tentang istilah dan fakta kunci terkait.

Kamu bisa memfilter hasil sesuai dengan tanggal tetapi hanya itu – tidak ada opsi lanjutan untuk mengubah hasil pencarianmu Ini menggunakan teknik pencarian ubin (teknologi semantik) untuk mengambil hasil terbaik sesuai pertanyaanmu. Algoritma pencarian memastikan bahwa itu adalah mesin pencari yang ramah keluarga dengan pornografi dan kekerasan yang dikesampingkan sepenuhnya.

Sekian ulasan artikel terkait mesin pencari peka privasi dari Hera. Beritahu kami apa yang kamu pikirkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu