Everybody in this country should learn how to program a computerโ€ฆ because it teaches you how to think.ย  (Setiap orang di negara ini harus belajar programming… karena ini mengajarkanmu cara berpikir)
-Steve Jobs

Belajar Programming - 5 alasan

Well, lupakan tentang โ€™countryโ€™ dan mari ikuti sisanya.

Pemrograman computer adalah alat yang flexible yang dapat kita gunakan untuk melakukan hal-hal luar biasa yang sulit dilakukan secara manual. Saat menggunakan smatphone, membuka kunci mobil dengan menekan tombol, kesemuanya dilakukan dengan pemrograman. Kamu sudah terbiasa hidup dengan beragam program, bahkan kamu tidak bisa hidup tanpa smaphone-mu kan? Bagaimana jika kita belajar programming dan mencoba mulai membangun sesuatu yang sesuai dengan keinginanmu?

Tidak perlu berpikir terlalu jauh seperti membuat Facebook, Google, Dropbox atau hal yang sermegah dan sekompleks itu. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana seperti membuat program otomastis untuk membalas pesan, mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun secara otomatis ke teman-temanmu dan masih banyak lagi!

Ingatlah, pada dasarnya program yang bagus merupakan program yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami orang lain. Kamu tidak harus belajar pemrograman komputer untuk memecahkan masalah dunia, tetapi, setidaknya kamu bisa menyelesaikan masalahmu dengan sangat baik.

Berikut adalah alasan kenapa Kamu harus belajar programming hari ini:

  1. Coding mengembangkan pemikiran terstruktur dan kreatif

Ketika programmer diberi masalah untuk dipecahkan, mereka tidak langsung memulai mengcoding. Masalah tidak terpecahkan dengan cara itu. Ketika kamu melihat masalah, kamu perlu memecahnya menjadi potongan-potongan yang bisa dikerjakan dan kemudian menyelesaikannya. Ketika mulai belajar programming, kamu akan mengembangkan kebiasaan mencari jalan keluar dalam format yang sangat terstruktur. Kamu secara bertahap memprogram otak untuk memecahkan setiap masalah menjadi beberapa bagian dan memahami dengan lebih baik. Kamu mulai berpikir secara logis, dan ini memunculkan solusi kreatif.

  1. Pemrograman membuat segalanya lebih mudah bagi Kamu

Program komputer sederhana mampu membalikkan keadaan seperti yang kamu inginkan. Sesuatu yang berfungsi dengan menekan tombol dapat diprogram untuk melakukannya dengan mengetuk ponsel cerdas atau dengan bertepuk tangan dua kali. Yes, dengan coding kamu dapat menghidupkan / mematikan peralatan listrik dengan smartphone.

Sesuatu yang memerlukan input berulang kali, seperti formulir online di mana kamu harus mengisi Nama Depan, Nama belakang, Email, dan informasi lainnya, dapat diprogram untuk mendapatkan data tersebut dan mengisi formulir dengan satu klik. Sudah sering kamu gunakan kan?

Baca juga :ย Kenapa Java Programming Sangat Dibutuhkan?

Sesuatu yang sederhana seperti mengerjakan Excel Sheets dapat membuat pusing karena kerja manual yang dibutuhkannya. Kamu dapat menulis program kecil untuk membantu diri sendiri. Misalkan kamu memiliki tugas di untuk menambahkan konten kolom 2, 3 dan 4, lalu temukan rata-rata hasilnya. Jika Kamu harus melakukan tugas ini beberapa kali dalam sehari, setiap hari, itu akan kacau. Well, dengan coding sederhana sekarang kamu dapat menulis program kecil yang dapat melakukan fungsi-fungsi ini sekaligus. Kamu akan menghemat waktu, tenaga, dan 100 kali lebih efisien.

  1. Belajar programming mengajarkan kegigihan

Ketika Kamu mempelajari pemrograman komputer, Kamu mulai melihat masalah dengan adanya solusi. Ketika Kamu menemukan masalah setelah belajar program, Kamu mulai membayangkan cara yang mungkin untuk menyelesaikannya. Betapapun sulit masalahnya, Kamu menjadi bertekad untuk menindaklanjutinya. Kamu mengubah diri menjadi individu yang digerakkan oleh solusi.

Pemrograman harus berpikir logis tentang suatu masalah. Begitu Kamu mulai mempelajari cara membuat coding, Kamu berhenti menyerah pada situasi sulit lainnya dalam kehidupan sehari-hari juga. Kamu mulai mencoba berulang-ulang. Kamu menjadi sabar karena Kamu tahu selalu ada solusi. Itu hanya membutuhkan beberapa upaya lagi, sama seperti itu terjadi ketika Kamu membuat program, menjalankannya, dan men-debug-nya beberapa kali untuk mencapai solusi yang sempurna.

  1. Penghasilan Tinggi

Seiring berkembangnya perusahaan startup dan e-commerce di Indonesia, kebutuhan akan tenaga programmer semakin meningkat dalam meningkatkan kapasitas bisnis tersebut. Oleh karena itu, perusahaan startup sekelas unicorn sampai rela mempekerjakan para programmer dengan harga yang tinggi, termasuk programmer level junior. Gaji rata-rata programmer berkisar 10-25 juta per bulannya. Itulah salah satu alasan yang membuat sebagian banyak orang tertarik untuk berprofesi sebagai programmer.

  1. Peluang Kerja Lebih Banyak

Banyaknya kebutuhan akan programmer di lapangan pekerjaan otomatis membuat peluang kerja programmer menjadi lebih terbuka. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan pekerjaan karena permintaan (demand) industri akan keahlian dan profesi programmer semakin tinggi. Cukup banyak anecdote yang menceritakan pengalamannya bahwa beberapa programmer tidak pernah mengirimkan CV atau resumenya namun menerima banyak penawaran peluang karir melalui platform professional dan pencarian kerja seperti Linkedin.Lapangan pekerjaan yang terbuka luas

Baca juga : Penetration Testing

Memilih karir sebagai programmer tentu juga akan berpengaruh pada masa depan kamu mengingat programming skill akan terus terus mengikuti relevansi kebutuhan teknologi dan industri. Apabila kamu secara terus menerus mengasah dan meningkatkan skill pemrograman kamu, kompetensi dan portofolio kamu pun akan semakin berkembang dan berimplikasi taktis dalam membuka peluang sebesar-besarnya akan kesempatan karir yang lebih progresif.Sudah bukan rahasia umum lagi jika dewasa ini banyak orang.

Tunggu info-info menarik lainnya di blog kami ya! Kamu juga bisa langsung menghubungi Hera untuk tanya-tanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu